Fuadi, Muhammad Zaki (2023) تطبيق الطريقة الإتصالية في تدريس مهارة الكلام (بحث تطبيقي في الصف الثامن بمدرسة التّحيّة الاسلامية المتوسطة الإسلامية تنجيرانج). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_161220005_Cover.pdf Download (189kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_161220005_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_161220005_BAB I.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBA_161220005_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (683kB) |
||
Teks
S_PBA_161220005_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (893kB) |
||
Teks
S_PBA_161220005_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PBA_161220005_BAB V.pdf Download (522kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_161220005_Daftar Pustaka.pdf Download (615kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pembelajaran adalah usaha seorang guru dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran yang berkualitas adalah pembelajaran yang menarik, efektif, kreatif dan inovatif melalui metode, strategi dan metode pembelajaran, Sebagian besar termasuk kegiatan untuk siswa. Metode komunikatif dapat membantu siswa aktif berlatih mengungkapkan bahasa Arab karena belajar bahasa adalah belajar komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII di Madrasah Ibtidaiyah Al-Tahiyyah Al-Islamiyyah Tangerang. Dan untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam penerapan metode komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII di Madrasah Ibtidaiyah Al-Tahiyyah Tangerang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII SMP Islam Al-Tahiyyah Tangerang. Masih kurang efektif, namun metode ini diterapkan untuk membantu siswa terbiasa menggunakan bahasa Arab dan melatih siswa untuk memperoleh keterampilan motorik dan pelatihan. mentalitas mahasiswa. Setidaknya beberapa siswa masih memiliki kendala untuk menguasai keterampilan berbicara. Beberapa siswa takut dan merasa malu ketika berlatih percakapan dan tidak adanya lingkungan bahasa Arab. Kemudian upaya yang dilakukan adalah guru selalu memotivasi siswa tentang pentingnya belajar bahasa dan memberikan pelatihan yang berkesinambungan agar siswa terbiasa mempraktekkan bahasa Arab. Dari skor pre-test pembelajaran pidato sebesar 1,775% dan nilai ini menunjukkan 1,775% terbawah dengan rata-rata 68,2%. Dari hasil post-test untuk pembelajaran pidato, 2,438% dan nilai ini 2,438% menunjukkan paling bawah dengan rata-rata 94%. Hal ini menunjukkan bahwa metode komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab meningkatkan hasil yang lebih baik daripada pre-test. Metode komunikasi ini lebih aktif secara langsung dengan melatih percakapan atau berbicara bahasa Arab agar perbendaharaan kata lebih sempurna.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 30 Jan 2023 04:39 |
Perubahan Terakhir: | 30 Jan 2023 04:39 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11154 |
Actions (login required)
Lihat Item |