Konsep Dakwah dalam Pementasan Teater (Studi Kasus Pementasan Teater Syekh Siti Jenar oleh Kain Hitam Gesbica UIN Banten)

Mardiah, Syifa Syafaatul (2023) Konsep Dakwah dalam Pementasan Teater (Studi Kasus Pementasan Teater Syekh Siti Jenar oleh Kain Hitam Gesbica UIN Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330060_Cover.pdf

Download (13kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330060_Lampiran Depan.pdf

Download (400kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330060_BAB I.pdf

Download (226kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_161330060_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (261kB)
[img] Teks
S_KPI_161330060_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (250kB)
[img] Teks
S_KPI_161330060_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (614kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330060_BAB V.pdf

Download (50kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330060_Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Seni merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat yang tidak bisa dipisahkan, yang harus kita gali nilai-nilainya. Salah satu cara berdakwah melalui media yaitu dengan menggunakan media seni. Dakwah dengan media seni dapat menggunakan berbagai macam seni pertunjukan yang dipentaskan di depan umum terutama sebagai sarana hiburan yang komunikatif, seperti seni ketoprak, karawitan, wayang, seni teater dan sebagainya. Melihat betapa pentingnya seni sebagai media untuk berdakwah, maka dalam hal ini khususnya pada sebuah organisasi kesenian yaitu Teater Kain Hitam Gesbica UIN Banten berusaha menerapkan media tersebut dalam suatu kegiatan dakwah, untuk tercapainya suatu tujuan yang diinginkan. Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah Teater dapat dijadikan media untuk berdakwah? 2) Bagaimana unsur pementasan Teater Syekh Siti Jenar? 3) Apa nilai dakwah yang terkandung dalam pementasan Teater Syekh Siti Jenar?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui media dakwah melalui teater. 2) Untuk mengetahui bagaimana unsur pementasan Teater Syekh Siti Jenar. 3) Untuk mengetahui nilai dakwah apa yang terkandung didalam pementasan Teater Syekh Siti Jenar. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggambarkan subyek dan obyek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan mulai tanggal 17 Juni 2020. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 10 orang (1 Ketua Gesbica, 1 Sekretaris Gesbica, 1 Penanggung jawab pementasan, 4 Tim pementasan dan 3 penonton). Adapun hasil temuan yang didapatkan bahwa 1) Teater merupakan pertunukan seni yang dapat dijadikan sebagai media dalam proses penyebaran dakwah islam. 2) Unsur pementasan teater meliputi naskah, aktor, sutradara, tata rias, tata busana, tata panggung, tata suara, penonton. 3) Berbagai unsur nilai-nilai dakwah terdapat didalam pementasan Teater Syekh Siti Jenar unsur akidah kepada Allah SWT, unsur ahlak terhadap sesama manusia, dan unsur ahlak terhadap diri sendiri, seperti tidak boleh tamak akan suatu kekuasaan, percaya akan takdir Allah, hidup dan mati bukanlah suatu pilihan yang dapat ditentukan oleh manusia, dan semua manusia sama derajatnya dimata Allah dan yang membedakan adalah tingkat ketakwaan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Teater, Media Dakwah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 01:37
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10855

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.