التغيرات الأخلاقية لشخصية "القرنفلة" في رواية "الكرنك" لنجيب محفوظ (دراسة سيكولوجية أدبية لسيغموند فريد) Perubahan Perilaku tokoh “Qurunfula” dalam Novel “Al-Karnak” Karya Najib Mahfudz (Kajian Psikologi Sastra Sigmund Freud)

Futuiyah, Intan (2022) التغيرات الأخلاقية لشخصية "القرنفلة" في رواية "الكرنك" لنجيب محفوظ (دراسة سيكولوجية أدبية لسيغموند فريد) Perubahan Perilaku tokoh “Qurunfula” dalam Novel “Al-Karnak” Karya Najib Mahfudz (Kajian Psikologi Sastra Sigmund Freud). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360048_COVER.pdf

Download (240kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360048_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360048_BAB I.pdf

Download (624kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BSA_181360048_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (555kB)
[img] Teks
S_BSA_181360048_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (368kB)
[img] Teks
S_BSA_181360048_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (561kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360048_BAB V.pdf

Download (246kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360048_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam penelitian ini peneliti menyampaikan bagaimana karya sastra khususnya novel dapat menjadi objek penelitian untuk belajar memahami kepribadian individu dengan meneliti tokoh dalam novel sebagai pengganti manusia nyata. Salah satunya adalah Novel “Al-Karnak” karya Najib Mahfudz. Novel yang menggambarkan tentang orang-orang yang terkena dampak atas kekalahan Perang Mesir melawan Israel pada tahun 1960-an. Beberapa tokoh dalam novel Al-Karnak ini diceritakan bahwa psikologi mereka terganggu atas kejadian tesebut, salah satunya tokoh yang bernama Qurunfula, ia adalah wanita pemilik cafe bernama Al-Karnak, Cafe yang menjadi latar tempat dalam novel ini. Tokoh Qurunfula menarik untuk diteliti karena ia merupakan tokoh yang mengalami gangguan psikologi atas peristiwa yang menimpa Mesir, dengan cara peneliti akan menjawab 3 (tiga) masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Apa gejala perubahan kepribadian tokoh Qurunfula dalam novel?, (2) Apa penyebab perubahan kepribadian tokoh Qurunfula dalam novel?, (3) Apa solusi dari Psikoanalisis terhadap perubahan kepribadian tokoh Qurunfula dalam novel?. Penelitian ini bertujuan memberi penjelasan tentang perubahan perilaku tokoh “Qurunfula” dalam Novel Al-Karnak/ الكرنك karya Najib Mahfudz. Dalam Penelitian yang berjudul At-Tahyirātu Al-Akhlaqiyah LiSyakhshiyah“Al-Qurunfula” Fī Riwāyah “Al-Karnak” LīNajīb Mahfudz (Dirasah Sīkūlūjiyah Adabiyah LiSīgmund Freud). Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis yang dilengkapi dengan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan memperoleh data dari buku-buku yang relevan dengan ilmu tersebut, juga disertai dengan teori psikologi sastra menurut Sigmund Freud (1856-1939). Yang meliputi bagaimana Id, Ego dan Superego dari tokoh “Qurunfula” ini bekerja hingga dapat merubah kepribadian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel perubahan karakter “Qurunfula” tidak terjadi sekaligus, tetapi dengan beberapa gejala, antara lain: Cepat Marah, Tidak peduli akan dirinya sendiri, tidak menerima kenyataan, mulai mengabaikan pekerjaannya, mudah tersinggung, mudah curiga, dan tidak dapat sepenuhnya bahagia. Perubahan yang terjadi bukan tanpa alasan, melainkan dipengaruhi beberapa faktor: hilangnya Hilmi Hamada, Hilmi Hamada mengakhiri cintanya pada “Qurunfula”, dan klimaksnya adalah karena berita kematian Hilmi Hamada. Solusi Psikoanalisis untuk masalah ini dapat menggunakan terapi Freudian dengan sembilan cara, yaitu: lingkungan fisik yang nyaman, lingkungan sosial yang menerima, asosiasi bebas, perlawanan, keseleo lidah, interpretasi mimpi, transferensi, katarsis dan wawasan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 801 Filsafat & Teori
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 28 Des 2022 01:46
Perubahan Terakhir: 28 Des 2022 01:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10688

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.