Analisis Manajemen Syariah Melalui Total Quality Management (TQM) pada Lembaga Keuangan Syariah Non-Bank (Studi pada BMT Arta Bina Serang)

Diniati, Silmi (2022) Analisis Manajemen Syariah Melalui Total Quality Management (TQM) pada Lembaga Keuangan Syariah Non-Bank (Studi pada BMT Arta Bina Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420155_Cover.pdf

Download (44kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420155_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420155_BAB I.pdf

Download (370kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBS_181420155_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (692kB)
[img] Teks
S_PBS_181420155_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (380kB)
[img] Teks
S_PBS_181420155_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (660kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420155_BAB V.pdf

Download (187kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420155_Daftar Pustakla.pdf

Download (307kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Keresahan yang timbul di tengah masyarakat seperti bentuk ekploitasi, tidak bersikap adil, dan saling menindas menyebabkan adanya kecenderungan masyarakat untuk beralih kepada sistem dan aturan yang lebih menguntungkan dan tidak merugikan. Kehadiran lembaga keuangan syariah sebagai bentuk penerapan nilai nilai Islam pada aspek kegiatannya diawali dengan perencanaan manajemen yang dilandasi dengan keimanan dan ketauhidan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana implementasi manajemen syariah pada lembaga keuangan syariah non bank (BMT Arta Bina Serang)?, 2). Bagaimana implementasi Total Quality Management (TQM) pada lembaga keuangan syariah non bank (BMT Arta Bina Serang)?, 3). Bagaimana penguatan manajemen syariah melalui Total Quality Management (TQM) pada lembaga keuangan syariah non bank (BMT Arta Bina Serang)? Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui implementasi manajemen syariah pada lembaga keuangan syariah non bank (BMT Arta Bina Serang), 2). Untuk mengetahui implementasi total quality management (TQM) pada lembaga keuangan syariah non bank (BMT Arta Bina Serang), 3). Untuk mengetahui penguatan manajemen syariah melalui Total Quality Management (TQM) pada lembaga keuangan syariah non bank (BMT Arta Bina Serang). Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan dekriptif kualitatif. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan member check. Teknik yang dapat digunakan dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu interactive model dengan pengambilan sampel karyawan menggunakan sampel jenuh sebanyak 4 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti kesimpulannya adalah BMT Arta Bina Serang telah mengimplementasikan manajemen syariah dengan menerapkan aturan-aturan syariah dalam manajerial lembaganya. Namun, BMT tersebut belum sepenuhnya mengimplementasikan standar manajemen mutu (Total Quality Management) untuk perbaikan kualitas secara berkelanjutan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penguatan, Manajemen Syariah, TQM
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2022 08:35
Perubahan Terakhir: 02 Des 2022 08:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10480

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.