Pengaruh Merger 3 Bank Syariah Bumn Terhadap Tingkat Kepercayaan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Labuan

Salsabila, Nurul Aini (2022) Pengaruh Merger 3 Bank Syariah Bumn Terhadap Tingkat Kepercayaan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Labuan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420151_Cover.pdf

Download (240kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420151_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420151_BAB I.pdf

Download (370kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBS_181420151_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (433kB)
[img] Teks
S_PBS_181420151_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (396kB)
[img] Teks
S_PBS_181420151_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (350kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420151_BAB V.pdf

Download (10kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420151_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Bank Syariah Indonesia merupakan penggabungan dari ketiga bank syariah bumn yaitu BRI Syariah, BNI Syariah dan Mandiri Syariah. Kebijakan penggabungan yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk membentuk bank umum syariah milik negara, dimana bank umum syariah ini mempunyai status yang sejajar dengan bank BUMN yang lain sehingga memiliki manfaat yang dilihat dari sisi kebijakan serta transformasi bank. Selain itu kebijakan dilakukannya penggabungan ini merupakan salah satu dorongan agar bank syariah lebih maju yaitu menjadi bank syariah yang besar, kokoh, serta efektif dengan asset dan kemampuan pembiayaan yang besar. Merger Bank Bumn Syariah yang dilakukan awal 2021 mengakibatkan perubahan bank internal maupun eksternal. Salah satu pihak yang meresahkan dampak dari merger Bank Syariah Indonesia adalah nasabah. Tingkat kepercayaan nasabah pada suatu bank dinilai sangat penting bagi keberlangsungan suatu bank. Berdasarkan latar belakang, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Merger 3 Bank Syariah Bumn (BRI Syariah, BNI Syariah dan Mandiri Syariah) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepercayaan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Labuan Tahun 2021? Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui apakah Merger 3 Bank Syariah Bumn (BRI Syariah, BNI Syariah dan Mandiri Syariah) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepercayaan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Labuan Tahun 2021. Penelitian ini dilakukan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan penyebaran kuesioner sebanyak 100 responden. Maka data yang digunakan meliputi: Analisis Deskriptif, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas), Analisis Regresi Linear Sederhana, Uji Koefisien Korelasi, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh secara positif dan sedikit signifikan antara merger bank syariah terhadap tingkat kepercayaan nasabah. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil uji analisis liniear sederhana nilai koefisien regresi bernilai positif (+) maka dapat dikatakan bahwa merger 3 bank syariah (X) berpengaruh positif terhadap tingkat kepercayaan nasabah (Y). Hasil nilai signifikan 0,00 dan lebih kecil dari nilai signifikan lebih 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh sedikit signifikan antara merger 3 bank syariah terhadap tingkat kepercayaan nasabah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Merger Bank Syariah, Kepercayaan Nasabah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2022 09:02
Perubahan Terakhir: 02 Des 2022 09:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10443

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.