Anwar, Muhammad Saeful (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet pada Mata Pelajaran Fikih Materi Wudu Kelas VII Mts Satu Atap Balaraja. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210047_Cover.pdf Download (13kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210047_Lampiran Depan.pdf Download (149kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210047_Bab I.pdf Download (79kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210047_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (342kB) |
||
Teks
S_PAI_171210047_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (373kB) |
||
Teks
S_PAI_171210047_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (328kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210047_Bab V.pdf Download (23kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210047_Daftar Pustaka.pdf Download (29kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengembangkan produk media pembelajaran berbasis leaflet pada materi wudu kelas VII MTs Satu Atap Balaraja. 2) Mengetahui hasil uji media pembelajaran berbasis leaflet pada materi wudu kelas VII MTs Satu Atap Balaraja. 3) Mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran berbasis leaflet pada materi wudu kelas VII MTs Satu Atap Balaraja. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Reasearch and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang dimana pada tahap penelitiannnya terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation. Validasi produk dilakukan oleh 3 ahli, yaitu: Ahli Media, Ahli Materi, dan Guru fikih. Uji coba produk siswa dilakukan sebanyak i28 isiswa kelas VIIiB. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Media pembelajaran berbasis leaflet mendapatkan penilaian yang baik dari 3 ahli, dengan rata-rata skor kelayakan 4.50 dikategorikan Sangat Layak. Untuk sebelum penerapan media (Pretest) diperoleh rata-rata sebesar 63% sedangkan setelah penerapan media (Post test) mencapai rata-rata 80%. Adapun peningkatan dari sebelum diterapkan dengan sesudah yaitu sebesar 17%. Secara keseluruhan hasil perhitunganidengan menggunakan gain score menunjukkan bahwa Media pembelajaran berbasis leaflet idapat meningkatkan efektivitas belajar siswa sebesar 0,45945 peningkatan tersebut dalam kategori sedang karena nilai gain score berada pada rentang 0,3<g<0,7. Hasil penelitian ini diharapkan siswa menjadi lebih semangat dan lebih berminat dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga dapat mampu mengembangkan pengetahuannya sendiri untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan minat dan daya tarik belajar siswa dalam proses pembelajaran, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontrubusi yang baik bagi Jurusan Pendidikan Agama Islam, sebagai tujuan akademisi dan akreditasi Jurusan Pendidikan Agama Islam.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran; Leaflet; Materi Wudu |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 16 Nov 2022 05:06 |
Perubahan Terakhir: | 16 Nov 2022 05:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10417 |
Actions (login required)
Lihat Item |