Analisis Pelaksanaan Klaim Pada Produk Asuransi Mitra Iqra Plus (Studi Kasus Pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Serang)

Lestari, Linda (2022) Analisis Pelaksanaan Klaim Pada Produk Asuransi Mitra Iqra Plus (Studi Kasus Pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430039_Cover.pdf

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430039_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430039_BAB I.pdf

Download (349kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_AS_181430039_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (296kB)
[img] Teks
S_AS_181430039_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (587kB)
[img] Teks
S_AS_181430039_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (663kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430039_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430039_Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Klaim adalah hak atau tuntutan peserta kepada perusahaan asuransi untuk memperoleh pertanggungan atas kerugian yang terjadi berdasarkan perjanjian dan sesuai dengan kesepakatan dalam akad. Produk asuransi mitra iqra plus merupakan produk asuransi jiwa syariah yang dirancang untuk memberikan perlindungan dan membiayai pendidikan anak dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, baik dalam keadaan orang tua masih hidup atau meninggal dunia berdasarkan syariah. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana prosedur klaim produk asuransi mitra iqra pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Serang?. 2). BAgaimana proses pengambilan keputusan klaim pada produk asuransi mitra iqra pada PT. asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Serang?. 3). Bagaimana perhitungan klaim pada produk asuransi mitra iqra pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Serang?. Adapun tujuan dari peneliti ini yaitu 1). Untuk mengetahui prosedur pengajuan klaim produk asuransi mitra iqra pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Serang. 2). Untuk mengetahui proses pengambilan keputusan produk asuransi mitra iqra pada PT. Asuransi Jiwa syariah Bumiputera Cabang Serang. 3). Untuk mengetahui bagaimana perhitungan klaim produk asuransi mitra iqra pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Serang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan riset kepustakaan. Sedangkan analisisnya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa prosedur pengajuan klaim pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera adalah peserta asuransi melapor kepada pihak perusahaan dengan melengkapi dokumen-dokmen yang telah ditentukan dan kemudian perusahaan asuransi bertugas untuk memeriksa kelengkapan dokumen tersebut. Untuk pengambilan keputusan atas klaim yang diajukan nasabah yaitu melalui proses pengajuan klaim diterima oleh direksi, proses pengajuan klaim ditunda oleh direksi dan proses pengajuan klaim ditolak oleh direksi. Untuk perhitungan klaim yang didapatkan oleh peserta asuransi sesuai dengan tabel perhitungan yang telah ditentukan oleh perusahaan, serta jumlah manfaat yang diterima sesuai dengan jenjang pendidikan anak dan apabila peserta meninggal dunia maka manfaat akan diterima dan ditambah dengan manfaat santunan meninggal dunia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Klaim, Produk Asuransi Mitra Iqra
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 08:03
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2022 08:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10373

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.