Literasi Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Melalui Buku Cerita Bergambar di TK Terpadu Aisyiyah Panongan-Tangerang

Tsalitsah, Amellinia Putri (2022) Literasi Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Melalui Buku Cerita Bergambar di TK Terpadu Aisyiyah Panongan-Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260056_Cover.pdf

Download (36kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260056_Lampiran Depan.pdf

Download (262kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260056_BAB I.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_181260056_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (246kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260056_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (252kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260056_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (318kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260056_BAB V.pdf

Download (39kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260056_Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan zaman globalisasi dimana anak lebih menyukai gadget daripada buku. Anak usia 5-6 tahun adalah anak yang memiliki masa gold, karena pada usia ini anak sudah mulai mau bereksplorasi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1.) Bagaimana strategi pembacaan media buku cerita bergambar pada anak usia 5-6 tahun di TK Terpadu Aisyiyah Panongan-Tangerang? 2.) Bagaimana cara penggunaan media buku cerita bergambar? 3.) Apa hasil dari literasi anak usia 5-6 tahun melalui buku cerita bergambar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan hal yang ada di lapangan sesuai dengan fakta. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif atau biasa disebut field research. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru dan 11 orang anak usia (5-6 tahun) kelas B TK Terpadu Aisyiyah Panongan-Tangerang. Pengumpulan data ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dan uji keabsahan data dengan triangulasi. Adapun hasil penelitian menunujukan bahwa 1) strategi pembacaan buku cerita bergambar dimulai dari mengkondisikan anak didalam kelas dengan nyaman dan tenang, 2) buku cerita bergambar menjadi media yang tepat untuk perkembangan literasi anak, 3) anak mampu memahami isi dan pesan moral dari buku cerita gambar tersebut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Literasi, Anak Usia Dini, Buku Cerita Bergambar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2022 01:59
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2022 01:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10216

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.