Makna Kecantikan Wanita Muslimah dalam Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Wardah Perfect Bright Moisturizer versi Ayana Jihye Moon)

Khotimah, Nurul (2022) Makna Kecantikan Wanita Muslimah dalam Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Wardah Perfect Bright Moisturizer versi Ayana Jihye Moon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_171330060_Cover.pdf

Download (104kB)
[img] Teks
S_KPI_171330060_Lampiran Depan.pdf

Download (553kB)
[img] Teks
S_KPI_171330060_Bab I.pdf

Download (294kB)
[img] Teks
S_KPI_171330060_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (539kB)
[img] Teks
S_KPI_171330060_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (328kB)
[img] Teks
S_KPI_171330060_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (479kB)
[img] Teks
S_KPI_171330060_Bab V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_KPI_171330060_Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstrak

Kecantikan merupakan sebuah mitos yang telah ada sejak dahulu hingga sekarang. Makna kecantikan dari masa ke masa senantiasa berubah sesuai dengan berjalannya waktu dan berkembangnya ilmu di bidang teknologi dan kosmetologi. Media massa dewasa ini mengambil peran besar dalam memaknai kecantikan, sehingga kaum hawa berlomba-lomba dalam hal memperindah diri dan menjadikan model iklan sebagai standar kecantikannya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja tanda denotasi dan konotasi kecantikan wanita muslimah dalam iklan Wardah Perfect Bright Moisturizer versi Ayana Jihye Moon?, (2) Bagaimana makna dan mitos kecantikan wanita muslimah pada iklan Wardah Perfect Bright Moisturizer versi Ayana Jihye Moon?. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Untuk mengetahui tanda denotasi dan konotasi kecantikan wanita muslimah dalam iklan Wardah Perfect Bright Moisturizer versi Ayana Jihye Moon, (2) Untuk mengetahui makna dan mitos kecantikan wanita muslimah pada iklan Wardah Perfect Bright Moisturizer versi Ayana Jihye Moon. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan metode analisis semiotik yang mengacu pada teori semiotika Roland Barthes. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik dokumentasi. Dokumentasi yang dimaksud dalam penulisan ini adalah yang berkaitan dengan konten iklan, gambar iklan, arsip, tulisan-tulisan pada situs internet atau buku-buku yang dapat mendukung analisa penulisan yang terdapat pada sebuah iklan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Tanda denotasi kecantikan wanita muslimah pada iklan adalah wanita berhijab, berkulit putih mulus dan enerjik, sedangkan tanda konotasinya yaitu wanita yang berpenampilan menarik, sopan dan rapi, berprilaku yang baik dan ramah, serta kepandaiannya dalam merawat diri. 2) Makna denotasi kecantikan wanita muslimah yaitu wanita yang memiliki wajah mulus dan putih bersinar, rapi, berhijab namun tetap stylish, enerjik, dan tampil percaya diri. Sedangkan makna konotasinya yaitu kecantikan wanita muslimah digambarkan dengan penggunaan hijab sebagai simbol agama dan kepatuhan kepada Tuhannya, penampilan yang menarik, kecantikan abadi tidak hanya dari fisik, namun perpaduan antara kecantikan luar dan dalam yang terpancar dari dalam diri yang disebut sebagai inner beauty. 3) Mitos kecantikan wanita muslimah pada iklan yaitu wanita dikatakan cantik apabila berpenampilan menarik, berhijab, memiliki kulit putih bersinar seperti wanita Korea Selatan dan tampil percaya diri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Makna Kecantikan, Semiotika, Iklan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2022 06:49
Perubahan Terakhir: 08 Nov 2022 06:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10158

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.