Efektivitas Teknik Self Management untuk Mengurangi Kecanduan Sosial Media Tiktok pada Remaja Madya (Studi di Perumahan Taman Cikande, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang)

Fitratunnisa, Rifa (2022) Efektivitas Teknik Self Management untuk Mengurangi Kecanduan Sosial Media Tiktok pada Remaja Madya (Studi di Perumahan Taman Cikande, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520016_Cover.pdf

Download (206kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520016_Lampiran Depan.pdf

Download (717kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520016_Bab I.pdf

Download (523kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520016_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (635kB)
[img] Teks
S_BKI_181520016_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (499kB)
[img] Teks
S_BKI_181520016_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (582kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520016_Bab V.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520016_Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kecanduan sosial media tiktok hampir dialami oleh remaja di era seperti sekarang ini, mulai dari yang berusia 15-18 tahun. Kondisi perilaku kecanduan sosial media tiktok yang dialami oleh para remaja madya di Perumahan Taman Cikande diantaranya yaitu boros dalam penggunaan kuota internet, banyak menghabiskan waktu dengan bermain tiktok, menilai seseorang hanya dari like dan pengikutnya di tiktok, tidak mampu mengontrol diri untuk tidak membuka tiktok disetiap waktu aktifitasnya dan ketika sedang memegang gadget, dan juga para remaja madya ini selalu membuat konten kapanpun mereka pergi dan yang mereka lakuan untuk di upload di story. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis tingkat kecanduan media sosial tiktok pada remaja madya di Perumahan Taman Cikande. 2) Untuk menganalisis perbedaan dalam mengurangi tingkat kecanduan media sosial tiktok pada remaja madya sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk pre-experimental designs one group pretest-posttest yang digunakan untuk membandingkan bagaimana kondisi sebelum diberikan perlakuan, dengan pemberian pretest sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management dan pemberian posttest setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan skala likert dengan menyebar kuesioner, dokumentasi dan analisis data menggunakan paired samples t-test. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2022 hingga April 2022, dengan responden dalam penelitian ini berjumlah 8 orang remaja madya yang mengalami kecanduan sosial media tiktok. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan teknik self management dalam mengurangi kecanduan sosial media tiktok ini menggunakan lima tahapan, diantaranya yaitu memilih tujuan, menterjemahkan tujuan-tujuan ke dalam tingkah-tingkah laku sasaran, monitoring pribadi, merancang rencana perubahan, dan mengevaluasi action plan. 2) Hasil dari penerapan teknik self management dalam mengurangi kecanduan sosial media tiktok pada remaja madya di Perumahan Taman Cikande memiliki signifikansi ditandai pada perubahan skor rata-rata pretest yaitu 266 menjadi 567 pada posttest. Selain dari pada itu pengujian hipotesis hasil uji t paired menunjukkan perolehan nilai thitung sebesar -30,383 dengan signifikansi (2-tailed) 0.000 yaitu < 0.05 maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terjadi peningkatan perubahan kondisi perilaku ke hal positif pada kecanduan sosial media tiktok setelah diberikan perlakuan teknik self management melalui layanan bimbingan kelompok.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Teknik Self Management, Remaja Madya, Kecanduan Sosial Media Tiktok
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Okt 2022 06:56
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 06:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10064

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.