Listiani, Ina (2025) Pengaruh Teknik Inside Outside Circle terhadap Konsep Huruf Abjad pada Usia 4-5 Tahun (Studi Quasi-Eksperimental di TK Negeri Pembina Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_211260006_Cover.pdf Download (89kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260006_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260006_Bab I.pdf Download (483kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260006_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (657kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260006_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (757kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260006_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (687kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260006_Bab V.pdf Download (336kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260006_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Inside-Outside Circle terhadap kemampuan konsep huruf abjad, khususnya huruf vokal, pada anak usia 4–5 tahun di TK Negeri Pembina Kabupaten Serang. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pentingnya pengenalan huruf vokal sebagai dasar keterampilan literasi awal, namun masih ditemukan anak yang mengalami kesulitan dalam membedakan dan menyebutkan huruf vokal dengan tepat. Manfaat dari penelitian ini mencakup manfaat teoritis sebagai kontribusi terhadap pengembangan teori pembelajaran kooperatif untuk anak usia dini, serta manfaat praktis bagi anak, guru, sekolah, dan peneliti dalam merancang pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan teknik Inside-Outside Circle dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan uji pretest dan posttest, sedangkan analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji Mann Whitney dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji Mann Whitney menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Zhitung sebesar -4.690, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, nilai rata-rata N-Gain Score pada kelas eksperimen sebesar 52,69% menunjukkan bahwa teknik Inside Outside Circle cukup berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal anak usia 4–5 tahun.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Inside outside circle, huruf vokal, kemampuan konsep huruf abjad, anak usia dini |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.4 Membaca, Belajar Membaca |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 04 Nov 2025 03:02 |
| Perubahan Terakhir: | 04 Nov 2025 03:02 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17710 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
