Shafira, Ilma Mutia (2025) Strategi Komunikasi Persuasif Qismul Riayah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akidah Akhlak (Studi Kasus Pondok Pesantren Al- Abqary). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_211330036_COVER.pdf Download (303kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330036_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330036_BAB I.pdf Download (540kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330036_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (626kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330036_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (499kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330036_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (672kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330036_BAB V.pdf Download (384kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330036_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (981kB) |
Abstrak
Penanaman nilai-nilai akidah saat ini menjadi tantangan serius bagi lembaga pendidikan pesantren Al Abqary, yang mana banyaknya santri ditandai dengan santri yang melanggar aturan, rendahnya motivasi belajar, perubahan budaya, dan keterbatasan media. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi persuasif Carl Hovland, yang mencakup lima komponen utama: attention (perhatian), comprehension (pemahaman), learning (pembelajaran), acceptance (penerimaan), dan retention (penyimpanan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasif Qismul Riayah dalam menanamkan nilai-nilai akidah akhlak meliputi: 1) komunikasi personal, 2) keterlibatan wali santri sebagai mitra strategis, 3) ketiga pola pemikiran anak dalam memahami konsep akidah, 4) penggunaan buku pembelajaran akidah akhlak dan bahasa arab dan yang 5) menceritakan kisah-kisah yang inspiratif. Faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi persuasif Qismul Riayah meliputi: faktor pendukung yaitu: 1) dukungan intisyari organisasi santri Al Abqary, 2) dukungan teman, 3) lingkungan yang kondusif. Selanjutnya faktor penghambat yaitu: 1) keterbatasan waktu dalam pembelajaran, 2) keterbatasan tenaga pengajar, 3) keterbatasan perhatian pengajar, 4) kurangnya pengawasan media yang digunakan dan 5) egosiantrisme santri yang sulit dikendalikan.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Strategis Komunikasi, Ustadzah, Nilai-Nilai Akidah |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 13 Okt 2025 05:03 |
| Perubahan Terakhir: | 13 Okt 2025 05:03 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17642 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
