Strategi Komunikasi Persuasif Qismul Riayah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akidah Akhlak (Studi Kasus Pondok Pesantren Al- Abqary)

Shafira, Ilma Mutia (2025) Strategi Komunikasi Persuasif Qismul Riayah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akidah Akhlak (Studi Kasus Pondok Pesantren Al- Abqary). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_211330036_COVER.pdf

Download (303kB)
[img] Teks
S_KPI_211330036_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_211330036_BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Teks
S_KPI_211330036_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (626kB)
[img] Teks
S_KPI_211330036_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (499kB)
[img] Teks
S_KPI_211330036_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (672kB)
[img] Teks
S_KPI_211330036_BAB V.pdf

Download (384kB)
[img] Teks
S_KPI_211330036_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (981kB)

Abstrak

Penanaman nilai-nilai akidah saat ini menjadi tantangan serius bagi lembaga pendidikan pesantren Al Abqary, yang mana banyaknya santri ditandai dengan santri yang melanggar aturan, rendahnya motivasi belajar, perubahan budaya, dan keterbatasan media. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi persuasif Carl Hovland, yang mencakup lima komponen utama: attention (perhatian), comprehension (pemahaman), learning (pembelajaran), acceptance (penerimaan), dan retention (penyimpanan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasif Qismul Riayah dalam menanamkan nilai-nilai akidah akhlak meliputi: 1) komunikasi personal, 2) keterlibatan wali santri sebagai mitra strategis, 3) ketiga pola pemikiran anak dalam memahami konsep akidah, 4) penggunaan buku pembelajaran akidah akhlak dan bahasa arab dan yang 5) menceritakan kisah-kisah yang inspiratif. Faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi persuasif Qismul Riayah meliputi: faktor pendukung yaitu: 1) dukungan intisyari organisasi santri Al Abqary, 2) dukungan teman, 3) lingkungan yang kondusif. Selanjutnya faktor penghambat yaitu: 1) keterbatasan waktu dalam pembelajaran, 2) keterbatasan tenaga pengajar, 3) keterbatasan perhatian pengajar, 4) kurangnya pengawasan media yang digunakan dan 5) egosiantrisme santri yang sulit dikendalikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategis Komunikasi, Ustadzah, Nilai-Nilai Akidah
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 13 Okt 2025 05:03
Perubahan Terakhir: 13 Okt 2025 05:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17642

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.