Rahmawati, Ridha (2025) Efektivitas Apparatus Montessori Pada Area EPL Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Bumi Nusantara Montessori Kota Tangerang Selatan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_211260027_COVER.pdf Download (91kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260027_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260027_BAB I.pdf Download (296kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260027_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (426kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260027_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (341kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260027_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (533kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260027_BAB V.pdf Download (175kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260027_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
Abstrak
Metode Montessori merupakan pendekatan dalam proses mendidik anak dengan fokus pada kemandirian anak melalui pembelajaran pengalaman langsung dan peran guru sebagai fasilitator. Perkembangan motorik halus anak usia dini merupakan aspek penting dalam mendukung kesiapan belajar dan kemandirian anak dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian ini dilakukan karena masih adanya kesenjangan dalam melakukan aktivitas sehari-hari oleh orang dewasa kepada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan apparatus montessori di area epl, efektivitas penggunaan apparatus area epl serta faktor pendukung dan penghambat penggunaan apparatus montessori terhadap keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun di Tk Bumi Nusantara Montessori Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan apparatus Montessori di area epl dilakukan secara bertahap sesuai dengan tingkat perkembangan anak, mulai dari tahap mudah hingga kompleks. Apparatus yang digunakan mampu melatih koordinasi mata dan tangan, kekuatan otot jaro, serta ketelitian seperti menuang, mengancing, menyendok, dan meronce. Strategi pembelajaran keleompok kecil dalam penggunaan apparatus diterapkan untuk mengatasi keterbatasan jumlah alat. Lingkungan belajar yang kondusif serta kreativitas guru dalam menyesuaikan alat dengan perkembangan anak menjadi faktor pendukung penting. Dengan demikian, penggunaan apparatus Montessori pada area epl terbukti efektif dalam menstimulasi dan mengembangkan keterampilan motorik halus anak secara optimal.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Montessori, Exercise of Practical Life, Apparatus, Motorik Halus, Anak Usia Dini. |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 04 Sep 2025 07:15 |
| Perubahan Terakhir: | 08 Sep 2025 06:30 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17505 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
