Ummah, Putri Khairu (2025) Pengaruh Digital Marketing dan Inovasi Produk Kuliner terhadap Pendapatan UMKM (Studi UMKM Desa Sumuranja Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_ES_201410018_Cover.pdf Download (233kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410018_Lampiran Depan.pdf Download (437kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410018_BAB I.pdf Download (329kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410018_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (412kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410018_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (318kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410018_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (465kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410018_BAB V.pdf Download (157kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410018_Daftar Pustaka.pdf Download (246kB) |
Abstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, terutama sebagai penyokong utama penciptaan lapangan kerja dan penggerak pertumbuhan ekonomi lokal. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2023, UMKM berkontribusi sebesar lebih dari 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional (Kemenkop UKM, 2023). Namun, di tengah persaingan yang semakin ketat dan perkembangan teknologi yang pesat, UMKM menghadapi berbagai tantangan, salah satunya adalah kemampuan beradaptasi dengan transformasi digital dan kebutuhan untuk terus berinovasi agar tetap relevan di pasar. Masalah ini menjadi lebih relevan di Desa Sumuranja, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang, di mana banyak UMKM kuliner yang bergantung pada metode tradisional baik dalam pemasaran maupun pengembangan produk. Rendahnya penerapan digital marketing dan minimnya inovasi produk dapat berimplikasi langsung pada stagnasi atau bahkan penurunan pendapatan UMKM. Padahal, peningkatan pendapatan sangat penting untuk mendorong kesejahteraan pengusaha UMKM dan memberikan kontribusi yang lebih besar pada perekonomian daerah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh digital marketing dan inovasi produk kuliner terhadap pendapatan UMKM di Desa Sumuranja. Penelitian bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan inovasi produk kuliner terhadap pendapatan UMKM di Desa Sumuranja Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 32 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner secara langsung. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisi regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah Variabel digital marketing (X1) berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan UMKM (Y) dengan nilai t- hitung > t-tabel (2,128 > 2,042). Variabel inovasi produk kuliner (X2) tidak berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan UMKM (Y) dengan nilai t- hitung < t-tabel (1,920 < 2,042). Kedua variabel independen digital marketing dan inovasi produk kuliner berpengaruh secara simultan terhadapn variabel dependen yaitu pendapatan UMKM dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan F hitung > F tabel ((12,696 > 2,93).
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Digital Marketing, Inovasi Poduk, Pendapatan, UMKM |
| Subjek: | 600 Teknologi > 650 Bisnis > 658 Umum manajemen > 658.8 Marketing |
| Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 27 Aug 2025 02:11 |
| Perubahan Terakhir: | 27 Aug 2025 02:11 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17429 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
