Satni, Satni (2025) تطوير المدرسي على أساس المدخل النصي في تعليم اللغة العربية للمدرسة الإبتدائية. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PBA_232622210_Cover.pdf Download (144kB) |
|
|
Teks
T_PBA_232622210_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
T_PBA_232622210_BAB I.pdf Download (561kB) |
|
|
Teks
T_PBA_232622210_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (822kB) |
|
|
Teks
T_PBA_232622210_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (711kB) |
|
|
Teks
T_PBA_232622210_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
T_PBA_232622210_BAB V.pdf Download (452kB) |
|
|
Teks
T_PBA_232622210_Daftar Pustaka.pdf Download (178kB) |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini: Untuk mengetahui pengembangan buku teks berdasarkan pendekatan genre dalam pengajaran bahasa Arab di sekolah dasar; untuk mengetahui validitas buku teks berdasarkan pendekatan genre dalam pengajaran bahasa Arab untuk siswa di kelas enam Madrasah Ibtidaiyah; dan untuk mengetahui keefektifan buku teks berdasarkan pendekatan kontekstual dalam pengajaran bahasa Arab untuk siswa di kelas enam Madrasah Ibtidaiyah. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, peneliti menggunakan teori pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Buku ajar dibuat berdasarkan pendekatan tekstual dengan menggunakan aplikasi Canva, AnaMutaharrif dan Microsoft word, dan buku ajar terdiri dari tiga tahap. Adapun keefektifan pengembangan buku ajar berbasis pendekatan kontekstual dalam pembelajaran bahasa Arab untuk Sekolah Dasar, nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 0,5929 menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berdasarkan buku ajar berbasis pendekatan genre yang digunakan masuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan buku ajar berbasis pendekatan genre dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah efektif. Kevalidan buku ajar berdasarkan ahli materi dan media dengan persentase kesesuaian yang diberikan oleh ahli materi sebesar 90,77% dari 13 pertanyaan. Dan ahli metode sebesar 92,22% dari 18 pertanyaan. Kemudian hasil dari angket dua guru bahwa buku ajar berbasis pendekatan genre ini valid untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Pengembangan buku ajar, pendekatan berbasis teks, Madrasah Ibtidaiyah |
| Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
| Divisi: | Magister > Pendidikan Bahasa Arab |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 20 Aug 2025 04:20 |
| Perubahan Terakhir: | 20 Aug 2025 04:20 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17381 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
