Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di SMK Negeri 3 Kota Serang

Solihah, Siti Aen Muspirotul (2023) Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di SMK Negeri 3 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_MPI_191250052_Cover.pdf

Download (200kB)
[img] Teks
S_MPI_191250052_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_MPI_191250052_Bab I.pdf

Download (572kB)
[img] Teks
S_MPI_191250052_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (687kB)
[img] Teks
S_MPI_191250052_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (409kB)
[img] Teks
S_MPI_191250052_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (618kB)
[img] Teks
S_MPI_191250052_Bab V.pdf

Download (188kB)
[img] Teks
S_MPI_191250052_Daftar Pustaka.pdf

Download (401kB)

Abstrak

Fokus pada penelitian ini tentang Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di SMK Negeri 3 Kota Serang. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan disiplin kerja guru, bagaimana strategi peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan disiplin kerja guru, apa faktor penghambat peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan disiplin kerja guru dan apa hasil peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMK Negeri 3 Kota Serang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMK Negeri 3 Kota Serang. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang di dapat dilapangan. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan, dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah tringulasi. Teknis analisis data yang penulis gunakan menurut Miles dan Huberman. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan disiplin kerja guru selain sebagai fasilitator juga mediator untuk membuat para guru, peserta didik, dan karyawan yang lainnya baik itu tenaga kependidikan untuk memotivasi mereka agar bekerja sesuai dengan jobdesnya masing-masing. 2) Strategi peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan disiplin kerja guru melakukan beberapa strategi salah satunya evaluasi pada setiap bulan agar para guru, peserta didik, dan karyawan yang lainnya baik itu tenaga kependidikan untuk mendapatkan peningkatan disiplin kerja. 3) Faktor penghambat peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan disiplin kerja guru memiliki hambatan dalam meningkatkan disiplin kerja salah satunya disiplin waktu karena selain guru serta peserta didik beralasan kesiangan dan jarak antara tempat tinggal dan sekolah. 4) Hasil peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan disiplin kerja guru memiliki hasil yang cukup bagus dan mendapatkan apresiasi dari kepala dinas. Semuanya berjalan dengan baik terkait dengan kedisiplinan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran kepala sekolah, supervisi, disiplin kerja guru
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 05 Aug 2025 07:07
Perubahan Terakhir: 05 Aug 2025 07:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17269

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.