Ta'lim, Bani (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Profesionalitas Tour Leader terhadap Kepuasan Jamaah Umroh di PT. Global Energy Multazam (GEM Tours). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_ES_201410072_Cover.pdf Download (838kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410072_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_ES_201410072_Bab I.pdf Download (804kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410072_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
S_ES_201410072_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (749kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410072_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
S_ES_201410072_Bab V.pdf Download (514kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410072_Daftar Pustaka.pdf Download (532kB) |
Abstrak
PT. Global Energy Multazam (GEM Tours) tengah menghadapi persaingan yang semakin ketat seiring bertambahnya jumlah biro perjalanan umrah di wilayah tersebut. Meskipun perusahaan telah berupaya memberikan layanan yang berkualitas, masih terdapat jamaah umroh yang merasa tidak puas, terutama karena adanya ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan layanan yang diterima. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan jamaah Umroh? 2.Bagaimana pengaruh profesionalitas tour leader secara parsial terhadap kepuasan jamaah Umroh? 3. Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan profesionalitas tour leader secara simultan terhadap kepuasan jamaah umroh PT. Global Energy Multazam (GEM Tours)? Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan jamaah umroh 2. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profesionalitas tour leader secara parsial terhadap kepuasan jamaah umroh 3. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan profesionalitas tour leader secara simultan terhadap kepuasan jamaah umroh PT. Global Energy Multazam (GEM Tours). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah jamaah umroh yang telah melakukan pemberangkatan ibadah umrah pada PT. Global Energy Multazam (GEM Tours) pada bulan Januari sampai bulan Maret 2024 yaitu sebanyak 276 jamaah. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan accidental samping sebanyak 163 responden. Lalu, data dianalisis menggunakan SPSS IBM 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan jamaah umroh. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel atau 4,640 > 1,974 dan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Selanjutnya variabel profesionalitas tour leader memiliki nilai t hitung > t tabel atau 2,023 > 1,974 dan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,045. Artinya variabel profesionalitas tour leader memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan jamaah umroh. Sedangkan hasil uji f (simultan) menunjukkan variabel kualitas pelayanan dan profesionalitas tour leader berpengaruh signifikan terhadap kepuasan jamaah umroh. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai f hitung > f tabel atau 16,286 > 3,05 dan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Kualitas pelayanan, profesionalitas tour leader |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.3 Interaksi Sosial dalam Kelompok |
| Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 31 Jul 2025 06:03 |
| Perubahan Terakhir: | 31 Jul 2025 06:03 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17236 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
