Implementasi Metode Iqra Dalam Meningkatkan Kemampuan Artikulasi Membaca Huruf Alquran Permulaan Di RA Darul Irfan Kota Serang.

Kinasih, Alya Sekar (2025) Implementasi Metode Iqra Dalam Meningkatkan Kemampuan Artikulasi Membaca Huruf Alquran Permulaan Di RA Darul Irfan Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_201260041_COVER.pdf

Download (153kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260041_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (305kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260041_BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260041_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260041_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (164kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260041_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (947kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260041_BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260041_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya belajar membaca Al quran pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan artikulasi membaca huruf Al Quran permulaan melalui metode iqra di RA Darul Irfan, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran metode iqra dan kemampuan artikulasi membaca huruf hijaiyah yang dicapai melalui metode iqra di RA Darul Irfan. Pra Penelitian menunjukan adanya anak yang belum paham huruf hijaiyah, kemampuan membaca anak yang belum berkembang, membaca belum sesuai dengan makharijul hurufnya dan masih ada yang keliru dalam membaca dan membedakan huruf hijaiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan murid. Hasil penelitian menunjukkan dari 6 anak yang diteliti, 1 anak belum berkembang, 4 anak mulai berkembang dan 1 berkembang sesuai harapan. Agar proses pembelajaran lebih efektif peneliti menyarankan agar siswa menambah belajarnya dirumah, guru lebih inovatif dalam mengajar, menambah waktu belajar, menerapkan disiplin kepada anak dan menambah media pendukung pembelajaran. Lokasi yang digunakan dalam peneltian adalah RA Darul Irfan Kota Serang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): huruf alquran; implementasi; kemampuan artikulasi; metode iqra; permulaan.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 23 Jul 2025 09:06
Perubahan Terakhir: 23 Jul 2025 09:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17195

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.