Saputra, Ilham (2025) Strategi Dakwah Islam melalui Media Sosial Instagram Akun @husein_hadar pada Postingan Komik Habib and Friends. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_201510036_Cover.pdf Download (281kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510036_Lampiran Depan.pdf Download (991kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510036_Bab I.pdf Download (474kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510036_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (410kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510036_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (245kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510036_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510036_Bab V.pdf Download (207kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510036_Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) |
Abstrak
Dakwah di Indonesia menghadapi tantangan adaptasi dengan perubahan sosial dan teknologi. Modernisasi dan media digital mengubah pola konsumsi informasi, terutama bagi generasi milenial. Radikalisme serta rendahnya pemahaman Islam juga menjadi kendala. Meski media sosial membuka peluang dakwah, persaingan konten mengurangi daya tariknya. Inovasi seperti komik di media sosial menjadi alternatif, meski efektivitasnya masih diuji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dakwah yang diterapkan Habib Husein Ja‟far Al-Hadar dalam berdakwah di media sosial Instagram akun @husein_hadar dalam menerapkan pendekatan sentimental, rasional, dan indrawi dalam dakwah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sehingga dilakukan analisis isi dan dokumentasi konten terhadap subjek yang diteliti. Metode dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi dakwah yang ditulis oleh Muhammad Abu Fatah Al-Bayununi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap strategi dakwah dalam komik Habib N’ Friends di akun Instagram @husein_hadar, dapat disimpulkan bahwa Habib Ja‟far mengintegrasikan tiga pendekatan dakwah secara harmonis dan kontekstual. Strategi sentimental diterapkan melalui kisah-kisah yang menyentuh perasaan dan menggugah kesadaran spiritual, terutama dalam menghadapi realitas hidup seperti kegelisahan masa depan dan pentingnya tobat. Strategi rasional tampak dalam penyampaian pesan dengan pendekatan logis dan filosofis yang mendorong pembaca untuk berpikir kritis tentang nilai kehidupan, agama, dan perkembangan zaman. Sementara itu, strategi indrawi digunakan untuk memperkuat pesan dakwah melalui visualisasi tindakan dan narasi yang menggugah pancaindra. Ketiga strategi ini dikemas dengan bahasa ringan, humoris, dan visual yang menarik, sehingga menjadikan dakwah Habib Ja‟far inklusif, relevan, serta efektif dalam menyentuh hati dan pikiran generasi muda.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Strategi dakwah, media sosial, komik |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 27 Mei 2025 07:27 |
| Perubahan Terakhir: | 27 Mei 2025 07:27 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16896 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
