Muhayati, Yati (2025) Strategi Komunikasi KPU Kota Serang dalam Mesosialisasikan Kegiatan Pilkada 2024 melalui Media Sosial Instagram @kpuserangkota. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_211330095_Cover.pdf Download (407kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330095_Lampiran Depan.pdf Download (559kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330095_Bab I.pdf Download (641kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330095_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330095_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (455kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330095_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330095_Bab V.pdf Download (206kB) |
|
|
Teks
S_KPI_211330095_Daftar Pustaka.pdf Download (217kB) |
Abstrak
Media sosial seperti instagram menjadi sarana penyebaran informasi yang cepat dan efektif. Partisiasi Masyarakat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) menjadi salah satu tolak ukur pentingnya dalam menciptakan demokrasi yang berkualitas. Namun demikian, dalam beberapa tahun terakhir, tingkat partisipasi pemilih di Indonesia menunjukkan kecenderungan stagnan, bahkan mengalami penurunan di sejumlah wilayah, termasuk Kota Serang. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan media sosial Instagram sebagai strategi komunikasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024? 2) Apa tantangan yang dihadapi KPU dalam memanfaatkan media sosial instagram untuk penyebaran informasi Pilkada 2024? Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengevaluasi penggunaan media sosial instagram yang efektif sebagai alat komunikasi dalam meningkatkan Partisipasi masyarakat terhadap Pilkada 2024. 2). Untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi KPU dalam memanfaatkan media sosial untuk penyebaran informasi Pilkada dan merumuskan strategi yang efektif untuk mengatasi tantangan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Analisis yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari permasalahan ini menggunakan analisis desktiptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan pada Desember 2024 hingga Februari 2025, dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah 2 orang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial instagram sebagai strategi komunikasi KPU Kota Serang dalam mensosialisasikan kegiatan Pilkada 2024 belum mencapai hasil yang maksimal. karena penyebaran informasi, konten yang diunggah masih didominasi oleh pendekatan satu arah dengan tingkat interaktivitas yang rendah. Akibatnya, materi sosialisasi kurang mampu menjangkau dan kurang melibatkan masyarakat secara mendalam terutama di kalangan pemilih muda. Kondisi ini mengakibatkan minimnya angka partisipasi dalam Pilkada. Serta berbagai tantangan yang dihadapi seperti, kurangnya SDM, kurangnya interaksi yang efektif, serta konten yang kurang menarik. Oleh karena itu diperlukan penguatan strategi komunikasi digital yang lebih kreatif, interaktif, dan parsitipatif agar pesan sosialisasi dapat diterima secara efektif dan meningkatkan kesadaran pemilih dalam proses demokrasi lokal.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Strategi komunikasi, sosialisasi pilkada 2024, KPU Kota Serang, Instagram |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 27 Mei 2025 06:59 |
| Perubahan Terakhir: | 27 Mei 2025 06:59 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16894 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
