Yuliawati, Ita (2025) Hubungan antara Self Esteem dengan Fear of Missing Out (FOMO) pada Pengguna Instragram. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_201520148_Cover.pdf Download (352kB) |
|
|
Teks
S_BKI_201520148_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_BKI_201520148_BAB I.pdf Download (386kB) |
|
|
Teks
S_BKI_201520148_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (412kB) |
|
|
Teks
S_BKI_201520148_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (746kB) |
|
|
Teks
S_BKI_201520148_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (516kB) |
|
|
Teks
S_BKI_201520148_BAB V.pdf Download (252kB) |
|
|
Teks
S_BKI_201520148_Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstrak
Fear of Missing Out (FOMO) adalah suatu yang terjadi ketika individu merasa takut apabila orang lain memiliki pengalaman yang menyenangkan namun individu tersebut tidak dapat terlibat langsung dalam kegiatan tersebut dan menyebabkan individu ingin dapat terus terhubung dengan kegiatan orang lain yang dilakukan dalam internet dan media sosial. Faktor eksternal yang dapat mempengaruhi fear of missing out (FOMO), yaitu: media sosial online, fear of missing out (FOMO) muncul dengan rasa ingin terus terhubung dalam media sosial. Ada juga yang mempengaruhi terjadinya fear of missing out (FOMO) adalah self esteem. Self esteem adalah sikap positif atau negatif terhadap suatu objek tertentu yaitu diri. Individu yang memiliki self esteem yang tinggi akan menunjukkan peningkatan dalam penggunaan media sosial yang bertujuan untuk mempertahankan dan melindungi harga dirinya. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gambaran Self Esteem? 2) Bagaimana gambaran Fear of Missing Out (FOMO)? 3) Bagaimana hubungan antara Self Esteem dengan Fear of Missing Out (FOMO) pada pengguna instagram?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui gambaran Self Esteem. 2) Untuk mengetahui gambaran Fear of Missing Out (FOMO). 3) Untuk mengetahui hubungan antara Self Esteem dengan Fear of Missing Out (FOMO) pada pengguna Instagram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatf korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu : angket atau kuesioner. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 132 responden. Untuk pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Kategori Self Esteem ada pada kategori sedang. 2) Kategori Fear of Missing Out (FOMO) ada pada kategori tinggi. 3) Hasil uji hipotesis antara variabel Self Esteem dengan Fear Of Missing Out (FOMO) didapatkan taraf signifikan 0.000 (sig < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel Self Esteem dengan Fear Of Missing Out (FOMO).
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Self-Esteem, Fear of Missing Out (FOMO) |
| Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 27 Mei 2025 02:20 |
| Perubahan Terakhir: | 27 Mei 2025 02:20 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16883 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
