Herdian, Feni Enjellia (2022) Penerapan Etika Konsumsi Islam pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten (Studi Kasus Pembelian Pakaian Perempuan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_ES_181410058_COVER.pdf Download (103kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_181410058_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (805kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_181410058_BAB I.pdf Download (320kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_ES_181410058_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (472kB) |
||
Teks
S_ES_181410058_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (394kB) |
||
Teks
S_ES_181410058_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (128kB) |
||
|
Teks
S_ES_181410058_BAB V.pdf Download (85kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_181410058_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (539kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Aktivitas Manusia dimuka bumi tidak terlepas dari kegiatan Konsumsi, baik itu mengkonsumsi makanan, jasa dan memenuhi kebutuhan pokok lainnya seperti pakaian yang seharusnya selalu berlandaskan pada nilai-nilai syariah seperti menutup aurat yang sebagaiaman diperintahkan oleh Allah SWT, tetapi semakain berkembangnya era-digitalisai dan banyaknya marketplace seperti tokoh-tokoh online sehingga membuat masyarakat dan kalangan mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten bisa membeli pakaian yang relative murah serta lebih mudah untuk mendapatkan model-model pakaian terbaru dan sedang trend, sehingga dapat menyebabkan timbulnya sifat Israf atau pemborosan dan melanggar Etika dalam berkonsumsi. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan Etika Konsumsi Islam dalam membeli pakaian Perempuan pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten ? Adapun tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui bagaimana penerapan Etika konsumsi Islam pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dalam membeli pakaian perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif, dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa wawancara, observasi dan dokumentasi serta pengkajian buku-buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Adapun hasil dari penelitian yaitu dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Jurusan Ekonomi syariah UIN SMH Banten belum semuanya bisa menerapkan Etika konsumsi dalam Islam terbukti dari hasil wawancara terhadap narasumber bahwa mereka membeli pakaian dengan alasan melihat model yang lucu, harga yang relative lebih murah dan mengikuti Trend pakaian yang sedang viral sehingga lebih mengkedepankan keinginan dari pada kebutuhan yang dapat menimbulkan sifat israf (pemborosan) karna hampirr setiap bulan membeli pakaian 1-2 pasang bahkan ada yang membeli sampai 5 pasang pakaian hanya semata mata hanya untuk memenuhi keinginan atau hawa nafsu bukan kebutuhan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Konsumsi, Etika Konsumsi dalam Islam |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 16 Nov 2022 08:29 |
Perubahan Terakhir: | 16 Nov 2022 08:29 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9962 |
Actions (login required)
Lihat Item |