Taqillah, Liseu (2022) Hubungan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah dengan Efektivitas Pembelajaran (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Kalideres Jakarta Barat). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_MPI_182420106_COVER.pdf Download (35kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_182420106_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_182420106_BAB I.pdf Download (555kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_MPI_182420106_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (949kB) |
||
Teks
T_MPI_182420106_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (822kB) |
||
Teks
T_MPI_182420106_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (540kB) |
||
|
Teks
T_MPI_182420106_BAB V.pdf Download (189kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_182420106_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kepala sekolah perlu memahami fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pembinaan, terutama para guru. Keberhasilan kepala sekolah dalam melakukan manajeral sekolah dapat mempengaruhi iklim sekolah yang dipimpinnya. Oleh karena itu. peranan kepala sekolah merupakan jabatan strategis dalam mencapai efektivitas pembelajaran di sekolah. Berdasarkan latar belakang, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kompetensi manajerial kepala sekolah di Madrasah Ibtidaiyah?, 2) Bagaimana iklim sekolah dan efektivitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah?, 3) Bagaimana hubungan kompetensi manajerial kepala sekolah, dan iklim sekolah dengan efektivitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kecamatan Kalideres Jakarta Barat?. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui kompetensi manajerial kepala sekolah di Madrasah Ibtidaiyah, 2) Untuk mengetahui iklim sekolah dan efektivitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah, 3) Untuk mengetahui hubungan kompetensi manajerial kepala sekolah, dan iklim sekolah terhadap efektivitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Tehnik pengangambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling, dipilih 25% dari jumlah 135 guru menjadi 34 guru. Tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, serta dengan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan positif dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan efektivitas pembelajaran dan antara iklim sekolah dengan efektivitas vii pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel yaitu 1,743 > 1,684 dan 3,689 > 1,684. Serta adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah dengan efektivitas pembelajaran, yaitu ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis Fhitung > Ftabel = 6,612 > 1,684.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Efektivitas Pembelajaran |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 12 Okt 2022 03:21 |
Perubahan Terakhir: | 12 Okt 2022 03:21 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9910 |
Actions (login required)
Lihat Item |