Rudiat, Moh. (2022) Strategi Bisnis dalam Perspektif Hadis (Kajian Hadis Tematik). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_IH_171370036_Cover.pdf Download (121kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_IH_171370036_Lampiran Depan.pdf Download (751kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_IH_171370036_Bab I.pdf Download (247kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_IH_171370036_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (471kB) |
||
Teks
S_IH_171370036_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (344kB) |
||
Teks
S_IH_171370036_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (554kB) |
||
|
Teks
S_IH_171370036_Bab V.pdf Download (153kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_IH_171370036_Daftar Pustaka.pdf Download (225kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Bisnis merupakan instrumen vital dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dapat dilihat salah contohnya dari peranannya terhadap pembangunan ekonomi suatu negara dan kesejahteraan rakyat. Namun, di era globalisasi, praktik bisnis menjadi semakin terbuka dan sarat akan persaingan. Tidak sedikit pelaku bisnis yang semata-mata berorientasi mencari keuntungan dan mengesampingkan nilai prinsip yang luhur sebagai makhluk sosial. Dari latar belakang tersebut terdapat rumusan masalah yaitu: 1). Bagaimana pemahaman terhadap hadis bisnis? 2). Bagaimana strategi bisnis Rasulallah dibanding dengan strategi bisnis lain? 3). Bagaimana aplikasi bisnis Rasulallah dalam kehidupan muslim? Tujuan Penulis dalam melakukan penelitian ini adalah terjawabnya rumusan masalah di atas. 1). Untuk mengetahui pemahaman terhadap hadis bisnis, 2). Untuk mengetahui strategi bisnis Rasulallah Saw, 3). Untuk mengetahui implikasi berbisnis dalam membangun per ekonomian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau penelitian yang difokuskan pada penelitian kepustakaan (Library Research) yang menganalisis berbagai literatur yang ada relevansinya. Selain dari buku, artikel dan jurnal penulis pula mengumpulkan data hadis langsung dari kitab aslinya. Kesimpulan pada skripsi ini adalah sebagai umat Islam, tentu kita harus menjalankan bisnis sesuai dengan aturan agama yang dipraktikkan oleh Rasulallah Saw. Bisnis yang dicontohkan Rasulallah Saw orientasinya bukan harta semata, tetapi mencari keridhaan Allah yang utama. Dengan demikian, rezeki yang kita peroleh dapat menjadi berkah. Strategi bisnis yang benar itu harus mengikuti tauladan Rasulullah Saw, seperti memberikan pemahaman terhadap manusia akan pentingnya berperilaku siddiq, amanah, fathanah, tabligh, niat sebagai pembisnis, kreatif dalam berbisnis, kuat cerdas dan cekatan serta menjadi manusia yang paling bermanfaat. Sedangkan metode yang dilakukan oleh selain Rasulullah kebanyakan menyalahi aturan, seperti menimbun barang, melakukan jual beli barang haram, melakukan pemalsuan barang, memainkan timbangan, menggunakan bahan kimia berbahaya (formalin dan boraks). Aplikasi bisnis Rasulallah Saw dalam kehidupan sehari-hari diantaranya. Menjauhi bisnis barang atau kegiatan haram, menjauhi unsur penipuan, melakukan jual beli halal, adil, jujur, menepati janji, menuliska n transaksi yang yang tidak tunai, sepakat, meninggalkan bisnis ketika waktu shalat dan membayar zakat, silaurahmi dan murah hati.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Bisnis, Hadis Tematik |
Subjek: | 2x2 Hadist dan ilmu yang terkait > 2x2.1 Ilmu Hadist |
Divisi: | Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Hadits |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 05 Okt 2022 01:10 |
Perubahan Terakhir: | 05 Okt 2022 01:10 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9905 |
Actions (login required)
Lihat Item |