Manajemen Supervisi Klinis dan Profesinalisme Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Deskriptif di SMK Al-Falah Majasari dan SMK Ma’arif NU Pandeglang)

SODIKIN, TB (2022) Manajemen Supervisi Klinis dan Profesinalisme Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Deskriptif di SMK Al-Falah Majasari dan SMK Ma’arif NU Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630024_COVER.pdf

Download (86kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_192630024_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (870kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630024_BAB I.pdf

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_192630024_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (369kB)
[img] Teks
T_MPI_192630024_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (97kB)
[img] Teks
T_MPI_192630024_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (365kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630024_BAB V.pdf

Download (23kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630024_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (863kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Mutu pembelajaran merupakan kondisi proses dan hasil belajar yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru. Keberhasilan peningkatan mutu pembelajaran sangat ditentukan oleh kompetensi pengawas dalam melaksanakan Manajemen Supervisi Klinis dan Profesionalisme Guru. Profesionalisme Guru pada kenyataannya belum mampu meningkatkan mutu pembelajaran secara maksimal, sebagaimana yang ditemukan peneliti di SMK Al-Falah Majasari dan SMK Ma’arif NU Pendeglang, bahwa sebagian guru belum mampu menyusun RPP dengan baik, penggunaan metode, model, dan teknik pembelajaran yang belum sesuai dengan materi yang diajarkan. Rumusan masalah yang diajukan peneliti adalah bagaimana pelaksanaan Manajemen Supervisi Klinis dan Profesionalisme Guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui : pelaksanaan Manajemen Supervisi Klinis dan Profesionalisme Guru, masalah-masalah dalam pelaksanaan Manajemen Supervisi Klinis dan Profesionalisme Guru, cara mengatasi masalah dalam pelaksanaan Manajemen Supervisi Klinis dan Profesionalisme Guru dan dampak pelaksanaan Manajemen Supervisi Klinis dan Profesionalisme Guru dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data : Observasi partisipan, wawancara mendalam dan telaah dokumentasi. Dianalisis dengan reduksi data dan verifikasi data. Keabsahan data di capai dengan menggunakan tringulasi dan pengamatan secara tekun. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan Manajemen Supervisi Klinis dan Profesionalisme Guru dilasanakan sesuai dengan prinsip Manajemen Modern meliputi : penyusunan program supervisi klinis, penyusunan jadwal pelaksanaan Supervisi Klinis dan Profesionalisme Guru, pelaksanaan Manajemen Supervisi Klinis dan Profesionalisme Guru dan Evaluasi pelaksanaan Manajemen Supervisi Klinis dan Profesionalisme Guru. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah pelaksanaan Manajemen Supervisi Klinis dan Profesionalisme Guru memiliki dampak positif dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran. Kepala sekolah, supervisor dan guru merupakan faktor yang sangat penting, selain vi sarana dan prasarana lainnya. Seluruh komponen tersebut harus bersinergi dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Supervisi Klinis, Profesionalisme Guru, Mutu Pembelajaran pembelajara
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Nov 2022 08:51
Perubahan Terakhir: 18 Nov 2022 08:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9660

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.