Hardiana, Imam Rana (2022) Pengaruh Manajemen Sumber Daya Insani dan Pengembangan Teknologi Informasi terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan BPRS Cilegon Mandiri dan BPRS Muamalah Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_EIS_172032043_COVER.pdf Download (37kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_EIS_172032043_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (998kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_EIS_172032043_BAB I.pdf Download (300kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_EIS_172032043_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (440kB) |
||
Teks
T_EIS_172032043_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (295kB) |
||
Teks
T_EIS_172032043_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
T_EIS_172032043_BAB V.pdf Download (107kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_EIS_172032043_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Peran perbankan syariah dalam peningkatan perekonomian di Indonesia dinilai positif dan dipandang akan mampu mendukung terhadap peningkatan perekonomian Indonesia. Melalui pengembangan perbankan syariah diharapkan layanan perbankan akan dapat menyentuh segenap lapisan masyarakat Indonesia sampai dengan level grass root yang saat ini tidak tersentuh oleh perbankan konvensional. Salah satu kelebihan dari sistem perbankan syariah adalah selaras dengan harapan kaum muslimin yang ingin melakukan aktivitas ekonomi secara Islami dan dapat menghindari praktik riba, gharar dan maysir yang dilarang dalam agama Islam, sehingga aktifitas ekonomi tersebut bernilai ibadah atau berdimensi ruhaniah karena melaksanakan tuntunan syariat Islam. Perumusan Masalah dirumuskan suatu masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana pengaruh manajemen sumber daya insani terhadap peningkatan kualitas pelayanan BPRS Cilegon Mandiri dan BPRS Muamalah Cilegon ?. 2. Bagaimana pengaruh pengembangan teknologi informasi terhadap peningkatan kualitas pelayanan BPRS Cilegon Mandiri dan BPRS Muamalah Cilegon ?. 3. Bagaimana pengaruh manajemen sumber daya insani dan pengembangan teknologi informasi secara bersama-sama terhadap peningkatan kualitas pelayanan BPRS Cilegon Mandiri dan BPRS Muamalah Cilegon.Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Mengetahui pengaruh manajemen sumber daya insani terhadap peningkatan kualitas pelayanan BPRS Cilegon Mandiri dan BPRS Muamalah Cilegon. b. Mengetahui pengaruh pengembangan teknologi informasi terhadap peningkatan kualitas pelayanan BPRS Cilegon Mandiri dan BPRS Muamalah Cilegon. c. Mengetahui pengaruh manajemen sumber daya insani dan pengembangan teknologi informasi secara bersama-sama terhadap peningkatan kualitas pelayanan BPRS Cilegon Mandiri dan BPRS Muamalah Cilegon..Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Digunakan tiga variabel, terdiri dari dua variabel bebas dan satu variable terikat. Variable bebas (independent variable) adalah Manajemen Sumber Daya Insani (X1) dan Pengembangan Teknologi Informasi (X2) sedangkan variable terikat (dependent variable) yaitu Peningkatan Kualitas Pelayanan (Y). Dengan dilakukan Uji Validitas dan Reliabilitas Dan uji asumsi klasik yaitu Uji Multikolonieritas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Normalitas. Kemudian menggunakan Pengajuan Persyaratan Analisis yaitu Analisis Regresi Linier Berganda dan Pengajuan Hipotesis, Uji Parsial (Uji t), Uji Simultan (Uji f), Koefisien Korelasi (r), Koefisien determinasi (R-Squares).Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa variabel Manajemen Sumber Daya Insani (X1) Dari hasil perhitungan yang didapatkan nilai thitung sebesar 4,198 Dan nilai ttabel adalah 1,665 (bisa lihat pada lampiran t tabel) dengan nilai signifikan 0,000 < 0.05. Maka dapat dikatakan terdapat pengaruh signifikan antara Manajemen Sumber Daya Insani terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan. Sedangkan untuk Variabel Pengembangan Teknologi Informasi (X2), dari hasil perhitungan didapatkan nilai Thitung sebesar 2,409. Dan nilai ttabel adalah 1,665 dengan nilai signifikan 0,019 < 0.05. Maka dapat dikatakan terdapat pengaruh signifikan antara Pengembangan Teknologi Informasi terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan. Berdasarkan nilai statistik pada hasil analisis, dapat dijelaskan variabel Peningkatan Kualitas Pelayanan memiliki nilai f hitung sebesar 37,765 dengan nilai signifikan 0,000. karena nilai signifikansi lebih kecil 0.000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa variabel Manajemen Sumber Daya Insani (X1) dan Pengembangan Teknologi Informasi (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Pelayanan (Y).
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen Sumber Daya Insani, Pengembangan Teknologi Informasi, Peningkatan Kualitas Pelayanan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi |
Divisi: | Magister > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2022 02:14 |
Perubahan Terakhir: | 21 Nov 2022 02:14 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9644 |
Actions (login required)
Lihat Item |