Strategi Komunikasi Guru Ngaji dalam Menanamkan Spirit Moderasi Beragama di Lingkungan Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang Serang

Febriana, Nurfarida (2022) Strategi Komunikasi Guru Ngaji dalam Menanamkan Spirit Moderasi Beragama di Lingkungan Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510152_COVER.pdf

Download (104kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510152_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (542kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510152_BAB I.pdf

Download (193kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510152_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (396kB)
[img] Teks
S_KPI_181510152_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (201kB)
[img] Teks
S_KPI_181510152_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (271kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510152_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510152_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Semua agama yang ada di dunia ini membawa misi kedamaian, kerukunan, kesejahteraan untuk seluruh makhluk, baik manusia, hewan, alam, maupun dengan Tuhan. Terminologi itu dalam Islam adalah rahmatan lil ‘alamin (rahmat bagi seluruh alam). Akan tetapi faktanya, di dalam sejarah, tidak semua misi itu berjalan dengan lancar. Masih banyak praktik keagamaan yang jauh dari misi agama itu sendiri. Ekstrimisme, Fundamentalisme, eksklusivisme yang saat ini sudah banyak menghinggapi para generasi bangsa menjadi salah satu penyebabnya. Dalam hal ini peran tenaga didik sangatlah penting dalam pengharusutamaan moderasi beragama di lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: pertama: mengetahui bagaimana strategi guru ngaji dalam menanamkan spirit moderasi beragama di lingkungan Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang serang; kedua: apa saja faktor penghambat dan pendukung bagi guru ngaji dalam menanamkan spirit moderasi beragama di lingkungan Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang Serang. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study) menggunakan paradigma fenomenologi dengan memusatkan perhatian pada satu objek yaitu Ponpes Daarul Falah Ciloang sebagai suatu tempat untuk dikaji secara mendalam sehingga mampu membongkar realitas di balik fenomena tersebut. Hasil penelitian menunjukan desain moderasi beragama di Ponpes Daarul Falah Ciloang Serang dengan pendekatan persuasi yang mampu meredam gejolak ekstrimisme, memiliki kebijakan deideologisasi terhadap santri yang terpapar paham ekstrim, mengkader santri dengan mengenalkan nilai-nilai kebangsaan, agar santri paham akan keberagaman dan mengimplementasikannya dengan kegiatan luar pembelajaran, seperti mengikutsertakan lomba nasional antar daerah dan lain-lain, juga memberikan contoh kepada santri sebagai teladan yang baik ketika bermasyarakat. Moderasi beragama yang didesain guru ngaji di Ponpes Daarul Falah dalam pembelajaran dan pengembangan kitab kuning, mampu menyadarkan peserta didik atau santri akan keberagaman sebagai sebuah kehendak Tuhan yang tidak dapat dihindari. Realitas keberagamaan di Ponpes Daarul Falah Ciloang memperlihatkan keberagamaan yang moderat dan menerima keberagaman. Akan tetapi terkadang masih diwarnai dengan hal-hal fanatisme oleh beberapa santri ketika mengimplementasikan pemahamannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategy, Islamic Boarding School, Moderation
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 21 Nov 2022 06:21
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 03:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9530

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.