Ruwaida, Aulia (2022) Peranan Pesantren dalam Membentuk Kader Da’i (Studi Kasus Pembinaan Kader Da’i di Pondok Pesantren Modern Darel Azhar Rangkasbitung). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_181510137_COVER.pdf Download (219kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510137_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (491kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510137_BAB I.pdf Download (403kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_181510137_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (419kB) |
||
Teks
S_KPI_181510137_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (230kB) |
||
Teks
S_KPI_181510137_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (479kB) |
||
|
Teks
S_KPI_181510137_BAB V.pdf Download (195kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510137_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (636kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang berperan dalam pengembangan dakwah. Hal ini muncul dari dua fungsi pesantren, yaitu sebagai pusat penyiaran dan pendidikan Islam. Sepanjang sejarah perjalanan Islam (Indonesia), tampaknya dua fungsi utama ini sering dijalankan dengan baik oleh pondok pesantren. Salah satu faktor utama bagi indikator perkembangan agama Islam pada masa depan ialah umat Islam menaruh harapan besar kepada pondok pesantren bagi kelangsungan dakwah Islamiyah. Pondok Pesantren selalu menempa dan mencetak kader-kader dai dan tenaga-tenaga mubaligh yang siap untuk terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat, guna memikul tugas panggilan dakwah Islamiyah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran pesantren Darel Azhar dalam membentuk kader da’i? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pondok pesantren Darel Azhar dalam membentuk kader da’i? Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui peranan pesantren Darel Azhar dalam membentuk kader da’i. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pondok pesantren Darel Azhar dalam membentuk kader da’i. Metode yang digunakan adalah metode lapangan (field resech), yaitu dengan melakukan penelitian langsung ke lapangan untuk mencari dan mengumpulkan data yang diperlukan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Dalam pembentukan kader da’i di pondok pesantren modern Darel Azhar ini sudah all round artinya pesantren mendidik dan mengajarkan para santrinya selama 24 jam dari pagi hari sampai malam hari. Adapun bentuk-bentuk kader da’i di pondok pesantren Darel Azhar ialah Muhadhoroh, Kultum, Khotib-khotibah, Amaliyah Tadris, Tahfidz Qur’an, Bahasa, Tabligh Akbar. 2) Adapun faktor pendukung dalam pembentukan kader dai ialah pesantren Darel Azhar ini mempunyai sistem pendidikan 24 jam. Adapun faktor penghambat dalam membentuk kader da’i ialah santri yang malas dalam berdakwah dan mengikuti kegiatan muhadhoroh. Berbagai alasan mereka untuk tidak mengikuti kegiatan tersebut.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pesantren, Kaderisasi, Da’i |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam |
Divisi: | Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2022 06:24 |
Perubahan Terakhir: | 01 Apr 2024 03:39 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9528 |
Actions (login required)
Lihat Item |