Malinda, Dea (2022) Pengembangan Media Komik Berbasis Comic Life untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (R&D di Kelas II SD Negeri Cipaot Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240108_Cover.pdf Download (26kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240108_Lampiran Depan.pdf Download (537kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240108_Bab I.pdf Download (98kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240108_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (198kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240108_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (256kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240108_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240108_Bab V.pdf Download (16kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240108_Daftar Pustaka.pdf Download (133kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media komik berbasis Comic Life yang layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) tipe 4D menurut teori Thiagarajan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Teknik pengumpul data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif dengan sampel 10 peserta didik kelas II SD Negeri Cipaot Ciwandan. Pengujian validitas meliputi aspek pembelajaran, materi/kebenaran isi, pemilihan media, pemanfaatan media, dan bentuk fisik media yang melibatkan beberapa validator. Hasil penelitian terhadap kelayakan produk menunjukan bahwa dosen ahli materi memberikan nilai skor 86% (sangat layak), dosen ahli media 88% (sangat layak), guru 99% (sangat layak), maka hal ini menunjukan produk sudah layak digunakan. Hasil uji coba produk terbatas memperoleh nilai Pre-test 63% dan hasil post-test 88% dan hasil uji coba jumlah banyak 85,5% , Maka hal ini menunjukkan bahwa produk media komik berbasis Comic Life dapat dikatakan efektif untuk digunakan di Sekolah Dasar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kemampuan Membaca, Media Comic Life, Bahasa Indonesia |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 11 Nov 2022 03:14 |
Perubahan Terakhir: | 11 Nov 2022 03:14 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9287 |
Actions (login required)
Lihat Item |