Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMPN 2 Ciruas

Huda, Silfia Nurul (2022) Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMPN 2 Ciruas. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210161_COVER.pdf

Download (23kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210161_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210161_BAB I.pdf

Download (151kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210161_BAB II.pdf

Download (529kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210161_BAB III.pdf

Download (407kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210161_BAB IV.pdf

Download (239kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210161_BAB V.pdf

Download (13kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210161_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran di SMPN 2 Ciruas, kemudian untuk mengetahui hasil belajar siswa di SMPN 2 Ciruas, dan apakah ada pengaruh dalam menggunakan video animasi dan mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMP 2 Ciruas. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, dengan melakukan pretest untuk mengukur kemampuan awal siswa dan posttest untuk mengukur apakah terjadi pengaruh dalam hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan video animasi. Penelitian ini dilakukan di SMP 2 Ciruas Kab. Serang. Pada penelitian ini menggunakan kelas VIII I sebagai kelas eksperimen yaitu yang menggunakan video animasi dalam pembelajaran dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol yang diajar tidak menggunakan video animasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil dari perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada data posttest tersebut, diperoleh nilai t hitung = 4,419 dengan df 38 dan nilai signifikan 0,000, kemudian diperoleh pada t tabel = 2,024. Karena t hitung = 4,419 > pada t tabel = 2,024 maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan menggunakan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Video Animasi, Hasil Belajar, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 06 Sep 2022 04:36
Perubahan Terakhir: 06 Sep 2022 04:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9239

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.