PENGARUH DIGITAL BANKING DAN KINERJA PELAYANAN BANK SYARIAH TERHADAP UPAYA CUSTOMER RETENTION DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KANTOR CABANG PERWAKILAN (KCP) KOTA SERANG

Yuningsih, Yuyun (2022) PENGARUH DIGITAL BANKING DAN KINERJA PELAYANAN BANK SYARIAH TERHADAP UPAYA CUSTOMER RETENTION DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KANTOR CABANG PERWAKILAN (KCP) KOTA SERANG. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420109_Cover.pdf

Download (13kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420109_Lampiran Depan.pdf

Download (393kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420109_Bab I.pdf

Download (387kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBS_181420109_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (525kB)
[img] Teks
S_PBS_181420109_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (324kB)
[img] Teks
S_PBS_181420109_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (376kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420109_Bab V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420109_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Teknologi informasi yang menjadi penunjang maju dan berkembangnya pelayanan jasa perbankan seperti teknologi elektronik banking atau biasa dikenal dengan digital banking. hal tersebut menyebabkan perkembangan dalam mobilitas manusia bergerak sangat cepat dan mudah. Gaya hidup manusia berkaitan erat dengan perangkat elektronik sebagai akibat dari kemajuan teknologi ini. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan bahwa dalan dunia perbankan selama Covid-19 terjadi shifting behavior pada nasabah yang mulai beralih ke digital Namun tidak semua produk dan jasa perbankan dapat digantikan oleh digital banking, sehingga kinerja pelayanan pun harus tetap ditingkatkan. Berdasarkan latar belakang diatas dan untuk memperjelas arah penelitian, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pengaruh penerapan digital banking secara parsial terhadap upaya customer retention di masa pandemi Covid-19 pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kota Serang? 2). Bagaimana pengaruh kinerja pelayanan secara parsial terhadap upaya customer retention di masa pandemi Covid-19 pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kota Serang? 3). Bagaimana pengaruh penerapan digital banking dan kinerja pelayanan secara simultan terhadap upaya customer retention di masa pandemi Covid-19 pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kota Serang? Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dimana metode yang digunakan untuk mengetahui pengaruh digital banking dan kinerja pelayanan terhadap customer retention yang ditampilkan dalam bentuk persamaan regresi. Metode yang digunakan diantaranya uji kualitas data yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas, serta menggunakan uji statistik seperti uji koefisien regresi,uji t, uji f karena diduga terdapat pengaruh antara digital banking dan kinerja pelayanan terhadap customer retention, dan uji koefisien determinasi. Kesimpulannya pengujian hipotesis pada variabel digital banking diketahui nilai thitung 1,582 < ttabel 1,98472, dengan demikian maka tidak terdapat pengaruh positif terhadap customer retention di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kota Serang. Hasil pengujian untuk variabel kinerja pelayanan diketahui nilai thitung 11,733 > ttabel 1,9847, dengan demikian maka terdapat pengaruh positif terhadap customer retention di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kota Serang. Uji f menunjukkan bahwa secara simultan penerapan digital banking dan kinerja pelayanan berpengaruh positif terhadap customer retention dengan nilai Fhitung 117,092 > Ftabel 3,09. Analisis secara statistikdiketahui bahwa persamaan regresi berganda Y = 2,257 + 0,122 X1 + 0,322 X2. Nilai R sebesar 0.841 yang artinya hubungan antara variabel digital banking dan kinerja pelayanan terhadap customer retention tingkat hubungannya sangat kuat. Nilai R2 yaitu 70,1% hal ini berarti variabel customer retention dipengaruhi oleh variabel digital banking dan kinerja pelayanan sebesar 70,1% dan sisanya 29,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Digital Banking, Kinerja Pelayanan, dan Customer Retention
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 07 Sep 2022 08:05
Perubahan Terakhir: 07 Sep 2022 08:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9205

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.