Rohmatika, Tika (2022) Implementasi Metode Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Al-Falah Kabupaten Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210031_Cover.pdf Download (46kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210031_Lampiran Depan.pdf Download (467kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210031_Bab I.pdf Download (198kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210031_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (390kB) |
||
Teks
S_PAI_171210031_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (275kB) |
||
Teks
S_PAI_171210031_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (360kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210031_Bab V.pdf Download (160kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210031_Daftar Pustaka.pdf Download (215kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan Akhlak siswa sebelum dilakukan pembinaan, Mendeskripsikan Implementasi metode pembinaan akhlak, Mendeskripsikan hasil pembinaan akhlak. Penelitian dilakukan di MTs Al-Falah Pandeglang.manfaatnya yaitu dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya, dapat memberikan suasana yang meningkatkan minat belajar siswa, memicu perkembangan mahasiswa dalam cara berfikir untuk meningkatkan kemampuan pembinaan akhlak, sebagai pegangan atau acuan guru baik peneliti dalam penerapan serta pengembangan metode untuk melakukan proses pembelajaran dalam kemampuan pembinaan akhlak melalui metode yang digunakan. Metode yang digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diambil dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model Milles dan Huberman meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Informan penelitian yaitu Kepala Sekolah, Waka Bid Kurikulum, Bidang Kesiswaan dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Al-Falah Pandeglang bahwa sebelum dilakukan pembinaan akhlak siswa masih jauh dari yang diharapkan oleh sekolah dalam mewujudkan tujuan pendidikan dan visi misi sekolah, karena akhlak siswa masih bawaan atau terpengaruh dari asal sekolah dasar (SD). proses pembinaan lebih banyak menggunakan metode keteladanan, metode nasihat, metode hukuman, metode memberikan perhatian khusus, dan membiasakan anak melakukan hal yang baik sedangkan Hasil yang dicapai dari Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Al-Falah Pandeglang cukup baik untuk beberap hal, seperti berprilaku baik, membiasakan shalat berjamaah baik shalat sunah (dhuha) maupun shalat wajib (dzuhur dan Ashar), membiasakan doa dan tadarus Al-Quran sebelum pelajaran jam pertama, membiasakan bersih-bersih lingkungan sekolah setiap hari jumat, dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya yang diadakan diluar jam mata pelajaran sekolah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode, Pembinaan, Akhlak |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 18 Jul 2022 04:51 |
Perubahan Terakhir: | 29 Jul 2022 04:41 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9100 |
Actions (login required)
Lihat Item |