Akbar, Muhammad (2022) Strategi Pembinaan Keagamaan Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Olus Bina Insan Kamil Gempol Sari Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210082_Cover.pdf Download (112kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210082_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210082_Bab I.pdf Download (181kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210082_Bab II.pdf Download (538kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210082_Bab III.pdf Download (213kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210082_Bab IV.pdf Download (308kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210082_Bab V.pdf Download (157kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210082_Daftar Pustaka.pdf Download (145kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memandu, menuntun dan membina siswa dan siswi SMP Plus Bina Insan Kamil supaya mereka bisa lebih mengetahui ajaran Islam seperti apa yang harus mereka terapkan dalam kehidupan sehari hari baik di sekolah dan di luar sekolah. Diantara kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh pihak SMP Plus Bina Insan Kamil adalah sholat Dhuha berjama’ah, membaca surat Yaasin setelah melaksanakan sholat dhuha, latihan berpidato tiga bahasa (Indonesia, Inggris, Arab), kegiatan Manaqiban, Tilawatil Al-Qur’an, kegiatan Khataman Al-Qur’an, Mabit. Kegiatan hari besar Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembinaan kegiatan keagamaan ini dapat menumbuhkan motivasi dalam hal berprilaku atau beraktivitas sesuai ajaran agama, Metode yang digunakan SMP Plus Bina Insan Kamil meliputi metode pembisaaan dan demonstrasi dengan melalui tahapan persiapan, pelaksanaan, refleksi dan evaluasi. Adanya strategi pembinaan Aktivitas keagamaan adalah menumbuhkan motivasi dalam berprilaku sesuai ajaran agama dan syari’at agama Islam dan memotivasi siswa dan siswi untuk selalu membaca Al-Qur’an dengan tuntunan Tajwid yang sesuai dengan kaidah nya. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat perubahan sikap siswa saat proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas. Faktor pendukung kegiatan ini yaitu kerjasama antar guru, antusias siswa, adanya aturan sekolah, dan sarana prasarana yang memadai.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Pembinaan Keagamaan |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Jul 2022 02:22 |
Perubahan Terakhir: | 15 Jul 2022 02:22 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9084 |
Actions (login required)
Lihat Item |