Pengaruh Penggunaan Metode Think Pair Share terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih (Kuasi Eksperimen di MTsN 1 Kota Cilegon)

Ulfayanti, Sri (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Think Pair Share terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih (Kuasi Eksperimen di MTsN 1 Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152101950_Cover.pdf

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152101950_Lampiran Depan.pdf

Download (558kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152101950_Bab I.pdf

Download (166kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152101950_Bab II.pdf

Download (504kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152101950_Bab III.pdf

Download (453kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152101950_Bab IV.pdf

Download (510kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152101950_Bab V.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152101950_Daftar Pustaka.pdf

Download (86kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Untuk peningkatan keaktifan belajar siswa tersebut, Penulis menggunakan metode pembelajaran Think Pair and Share adapun teori yang melandasi yaitu suatu teori yang menghendaki agar pelajaran dilakukan dengan kelompok dan siswa mencari bahasan materi dengan cara menginvestigasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, 1. Bagaimana penggunaan Metode Think Pair and Share pada mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Kota Cilegon 2. Bagaimana Tingkat Keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 1 Kota Cilegon 3. Apakah terdapat pengaruh terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 1 Kota Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 1 Kota Cilegon dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair and Share terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 1 Kota Cilegon. Dan manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran agar menciptakan suasana yang lebih menyenangkan dan antusias dalam belajar pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 1 Kota Cilegon. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran Think Pair and Share terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih sangat baik dengan nilai t lebih besar dari hitung , 3.812 ≥1,658, sehingga dapat diartikan bahwa setelah perlakuan keaktifan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share lebih tinggi atau lebih baik. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Think Pair and Share terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih (Kuasi Eksperimen di MTsN 1 Kota Cilegon).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Think Pair and Share, Keaktifan Belajar Siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Jul 2022 02:18
Perubahan Terakhir: 15 Jul 2022 02:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9080

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.