Maftuhah, Ugi (2022) Pengembangan Media Busy Book dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa pada Materi Bulan Ramadhan (R&D di kelas V SDN Cibarani 1 Kecamatan Cisata Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210163_COVER.pdf Download (106kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210163_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (881kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210163_BAB I.pdf Download (242kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210163_BAB II.pdf Download (513kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210163_BAB III.pdf Download (493kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210163_BAB IV.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210163_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210163_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Demi tercapainya sutau efektivitas dalam pembelajaran perlunya suatu alat bantu media dalam proses pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran busy book pada materi bulan ramadhan di SD Negeri Cibarani 1, dan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara media pembelajaran busy book dengan efektivitas belajar siswa serta diharapkan dapat menambah wawasan baru tentang pengembangan media pembelajaran yang bermanfaat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian R&D (Research and Development) dan mengadaptasi prosedur pengembangan dari Borg and Gall, dengan delapan lagkah yang di ambil, yaitu: Analisis Kebutuhan, Perencanaan, Pengembangan Produk, Uji Lapangan awal, Revisi hasil uji coba, Uji lapangan utama, Revisi produk ahir, Desiminasi dan Penggunaan). tahap penelitian dilakukan pada kelas V di SD Negeri Cibarani 1 kecamatan Cisata Kabupaten Pandeglang, dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. untuk uji coba lapangan utama yaitu 21 siswa yang hadir. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, praktisi pendidikan (guru) dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitan dan pengembangan media busy book materi bulan ramadhan menunjukan bahwa validasi dari para ahli yaitu ahli materi ahli media dan praktisi pendidikan yaitu dengan rerata skor keseluruhan 92,4 dengan kategori “Sangat Valid/layak”. Hasil tanggapan siswa terhadap media busy book dan efektivitas pembelajaran berdasarkan hasil uji coba lapangan utama dilihat dari adanya hubungan positif antara media busy book dengan efektivitas pembelajaran. setelah dilakukan analisi antara variabel X dan variabel Y maka hasil yang didapatkan yaitu 0,767 dengan keterang kuat hubungan jelas, maka variabel X memiliki pengaruh terhadap variabel Y. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran busy book “Sangat Layak” untuk dijadikan sebuah media pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran PAI materi Bulan Ramadhan di kelas V SD Cibarani 1 Kecamatan Cisata Kabupaten Pandeglang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Busy Book, Month of Ramadhan, Learning Effectiveness |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 13 Jul 2022 08:28 |
Perubahan Terakhir: | 13 Jul 2022 08:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9055 |
Actions (login required)
Lihat Item |