Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa dengan Penggunaan Teknik Peringkasan Teks di Kelas V SDN Kasunyatan Kecamatan Kasemen

Avivah, Avivah (2022) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa dengan Penggunaan Teknik Peringkasan Teks di Kelas V SDN Kasunyatan Kecamatan Kasemen. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240033_COVER.pdf

Download (71kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240033_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (671kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240033_BAB I.pdf

Download (182kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240033_BAB II.pdf

Download (226kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240033_BAB III.pdf

Download (242kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240033_BAB IV.pdf

Download (787kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240033_BAB V.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240033_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan penggunaan teknik peringkasan teks di Kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kasunyatan Kecamatan Kasemen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kasunyatan yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) observasi kegiatan , 2) tes kemampuan membaca pemahaman, 3) dokumentasi kegiatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan pada setiap indikator kemampuan membaca pemahaman, dalam Siklus I pada indikator 1 siswa yang mencapai keberhasilan hanya 18 siswa kemudian pada Siklus II meningkat menjadi 28 siswa. Dalam Siklus I pada indikator 2, siswa yang mencapai keberhasilan sebanyak 16 siswa kemudian pada Siklus II meningkat menjadi 30 siswa. Dalam Siklus I pada indikator 3, siswa yang mencapai keberhasilan sebanyak 14 siswa kemudian pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 34 siswa. Kemudian dalam Siklus I pada indikator 4, siswa yang mencapai keberhasilan sebanyak 24 siswa, pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 33 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan teknik peringkasan teks dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Membaca Pemahaman, Teknik Peringkasan Teks, Kelas V SD
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Jul 2022 07:39
Perubahan Terakhir: 14 Jul 2022 07:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9030

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.