Jamhuri, Jamhuri (2022) Pola Interaksi Antara Guru dan Siswa dalam Pembentukan Karakter Islam Siswa (Studi di SMA Negeri 1 Cikande). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
1 COVER .pdf Download (150kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2 LAMPIRAN DEPAN .pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I .pdf Download (739kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB II.pdf Download (840kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Download (420kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Download (611kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Download (512kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (367kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena Pendidikan pada pada zaman modern. Dimana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang. Secara tidak langsung hal ini dapat mempengaruhi pembemtukan karakter peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Di SMA Negeri 1 Cikande ada beberapa siswa yang memiliki karakter kurang baik. Padahal guru Pendidikan Agama Islam sudah berupaya keras mendorong supaya pembentukan karakter Islam melalui berbagai usaha dengan melakukan berbagai macam pola interaksi yang baik. Oleh sebab itu dibutuhkan pola interaksi guru dengan siswa yang dapat membentuk karakter Islam peserta didik dalam meningkatkan karakter peserta didik. Fokus penelitian Tesis ini adalah (1) Bagaimana pola interaksi antara guru dan siswa di SMA Negeri 1 Cikande? (2) Bagaimana karakter Islam siswa di SMA Negeri 1 Cikande? (3) Bagaimana pola interaksi antara guru dan siswa dalam pembentukan karakter Islam siswa di SMA Negeri 1 Cikande? Metode penelitian dalam Tesis ini bersifat deskriptif kualitatif berupa kata- kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diuaraikan sebagai berikut (1) pola interaksi antara guru dan siswa di SMA Negeri 1 Cikande belum terlaksana secara maksimal,hal ini disebabkan oleh banyak hal, antara lain SDM dari guru dan SDM dari siswa yang berbeda-beda. (2) Karakter Islam siswa SMA Negeri 1 Cikande masih terkessan kurang baik. Adapun faktor yang menjadi penyebab antara lain faktor keluarga, pendidikan dan lingkungan (3) pola interaksi antara guru dan siswa dalam pembentukan karakter Islam siswa di SMA Negeri 1 Cikande belum terealisasi dengan sempurna, hal ini disebabkan ada beberapa program yang mendukung terbentuknya karakter Islam belum dilaksanakan dengan sempurna, baik oleh guru maupun oleh siswa, sehingga berdampak pada terhambatnya pembentukan karakter Islam siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pola Interaksi, Karakter Islam |
Subjek: | 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 05 Apr 2022 06:26 |
Perubahan Terakhir: | 06 Mar 2024 08:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8397 |
Actions (login required)
Lihat Item |