Ikhwan, Khairul (2022) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
COVER.pdf Download (23kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Download (482kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB II.pdf Download (606kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Download (534kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Download (365kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Download (290kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (405kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetaui langkah-langkah pengembangan modul elektronik berbasis aplikasi canva pada pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Kota Serang. Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul elektronik berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Kota Serang. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan modul elektronik berbasis aplikasi canva sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (research & development) model ADDIE yang terdiri dari lima langkah pengembangan yaitu: Pertama, melakukan analisis kompetensi, analisis karakteristik peserta didik, dan analisis materi. Kedua, melakukan perancangan desain materi, perancangan desain modul elektronik dan perancangan bentuk evaluasi. Ketiga, melakukan pengembangan modul elektronik dan melakukan uji coba kelompok kecil sebanyak 5 siswa dan 5 teman sejawat. Keempat, melakukan implementasi kedalam kelompok besar yaitu satu kelas VII C sebanyak 22 siswa. Kelima, melakukan evaluasi formatif dan evaluasi sumaitf. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan tes. Intrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan pre test dan post test Aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah canva. Pemilihan aplikasi ini didasarkan pada penggunaannya yang mudah dan bisa menggabungkan gambar, animasi, suara dan video. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif deskriptif dan analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus n-gain. Hasil penelitian diperoleh dari ahli materi, ahli media/perangkat pembelajaran, dan guru mata pelajaran PAI dengan skor rata-rata secara berturut-turut adalah 3,6, 3,8, dan 4 dengan kategori baik untuk digunakan. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor rata-rata yaitu 4,34 untuk aspek materi dengan kategori sangat baik dan 4,24 untuk aspek media/perangkat pembelajaran dengan kategori baik. Hasil implementasi pada pada peserta didik dengan memberikan pre test dan post test dengan perhitungan nilai n-gain diperoleh hasil skor rata-rata yaitu 0,44 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan sesudah menggunakan modul elektronik berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Kota Serang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I: Dr. Shobri, S.Kom., M.M. Pembimbing II: Birru Muqdamien, M.Kom. |
Kata Kunci (keywords): | Modul Elektronik, Hasil Belajar, PAI |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 05 Apr 2022 02:15 |
Perubahan Terakhir: | 25 Apr 2022 04:45 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8372 |
Actions (login required)
Lihat Item |