Pengaruh Literasi Digital Guru PAI Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Berbasis Virtual Learning Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Smpn 3 Kota Tangerang Kelas VIII)

Novia, Washilatun (2022) Pengaruh Literasi Digital Guru PAI Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Berbasis Virtual Learning Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Smpn 3 Kota Tangerang Kelas VIII). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (23kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (604kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (579kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (591kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (529kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (496kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (119kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (361kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Washilatun Novia. NIM. 171210108. 2021. Pengaruh Literasi Digital Guru PAI Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Berbasis Virtual Learning Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Smpn 3 Kota Tangerang Kelas VIII) Tujuan dari penelitian ini yaitu mempelajari dan memahami permasalahan dalam kegiatan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dalam peningkatan literasi digital oleh sumber daya guru sehingga menghasilkan keberhasilan proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian korelasional yaitu Product Moment. Hasil penelitian terdapat hubungan yang positif antara literasi digital seorang guru dengan keberhasilan belajar siswa, terbukti 0,99 rhitung > 0,159 rtabel. Berdasarkan signifikansi juga menghasilkan korelasi yang signifikansi antara literasi digital guru dengan keberhasilan belajar siswa yaitu 0,000 rhitung < 0,05 rtabel. Sehingga kriteria kekuatan hubungan antara variabel literasi digital dengan hasil belajar mempunyai korelasi yang tinggi. Diketahui bahwa proses pembelajaran di sekolah pada masa pandemi Covid-19 mempunyai banyak permasalahan yang dihadapi. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia mengharuskan mengambil sikap dalam mencegah penularan yang lebih luas, termasuk sektor pendidikan. Berkaitan dengan hal tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil sikap tegas melalui beberapa surat edaran berkaitan tentang kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19. Tulisan mencoba untuk mengkaji pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa pandemi Covid-19 berkaitan dengan kebijakan pembelajaran jarak jauh (Virtual Learning). Proses pembelajaran jarak jauh merupakan solusi yang dalam pelaksanaannya belum optimal secara keseluruhan. Sehingga ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembelajaran jarak jauh ini antara lain sumber daya guru harus ditingkatkan kualitasnya, baik dari segi konten maupun metodologi juga dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dalam literasi digital.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): literasi digital, hasil belajar siswa, covid-19, product moment.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 18 Mar 2022 02:29
Perubahan Terakhir: 18 Mar 2022 02:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8252

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.