Yulianah, Rintis (2022) Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Konsumen Afiha Wardrobe Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Rintis Yulianah, NIM: 171410233, Judul Skripsi: Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Konsumen Afiha Wardrobe Serang). Penelitian ini dilakukan di Afiha wardrobe yang merupakan online shop bergerak dibidang fashion dengan berbagai macam pakaian wanita syar’i dan hijab yang menggunakan media digital seperti platform media sosial Instagram, Facebook, Whatsapp dan platform e-commerce shopee untuk mengetahui apakah variabel digital marketing dan brand awareness berpengaruh positif terhadap tingkat keputusan pembelian konsumen. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh digital marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian konsumen pada Afiha Wardrobe dan bagaimana pengaruh digital marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian konsumen pada Afiha Wardrobe dalam perspektif etika bisnis Islam. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara parsial maupun simultan dan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian konsumen dalam perspektif etika bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 324 dan diambil sampel sebanyak 81 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner secara online melalui google form kepada followers media sosial Afiha Wardrobe. Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, Uji Ketetapan Model, dan uji hipotesis dengan digital marketing sebagai variabel X1, brand awareness sebagai variabel X2, dan keputusan pembelian konsumen sebagai variabel Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial digital marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) dan brand awareness (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) dengan menyumbang koefisien determinasi sebesar 0,618 atau 61,8% dan sisanya 38,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Dalam perspektif etika bisnis Islam, Afiha Wardrobe telah menerapkan dan mengaplikasikannya sesuai dengan prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam dalam kegiatan pemasaran produknya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Digital marketing, Brand Awareness, Keputusan pembelian, Etika Bisnis Islam |
Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 25 Feb 2022 08:13 |
Perubahan Terakhir: | 25 Feb 2022 08:13 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8158 |
Actions (login required)
Lihat Item |