Peran Metode Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa (di MA AL-Ittihad Pedaleman)

Ikhwani, Qabul (2022) Peran Metode Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa (di MA AL-Ittihad Pedaleman). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (23kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (352kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (257kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (508kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (478kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (213kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (179kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Qabul Ikhwani. NIM: 152102065. Dengan judul Peran Metode Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa (di MA AL-Ittihad Pedaleman). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kejenuhan belajar dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Hal ini dapat dilihat dari tidak adanya keseriusan siswa dalam mengikuti mata pelajaran Aqidah Akhlak, kurangya keantusiasan siswa dalam mengerjakan tugas Aqidah Akhlak, dan tidak adanya usaha untuk berprestasi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran metode guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa, selain itu untuk mengetahui Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di MA Al-Ittihad Pedaleman. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peran metode guru aqidah akhlak dalam megatasi kejenuhan belajar siswa di MA Al-Ittihad Pedaleman adapun manfaatnya yaitu baik secara teoritis maupun secara praktis Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, agar peneliti mendapatkan informasi yang mendalam terkait peran guru aqidah akhlak dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti melakukan wawancara kepada kepala madrasah,bidang kesiswaan, guru dan beberapa siswa di MA Al-Ittihad Pedaleman. Dari hasil wawancara tersebut peneliti menemukan beberapa informasi mengenai peran metode guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa, salah satu nya dengan menerapkan pembelajaran yang bervariatif, memberika motivasi kepada siswa, dan merubah pola tempat duduk yang berbeda dan melakukan pembelajaran di luar kelas (di taman sekolah) untuk mengatasi kejenuhan belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran Metode Guru Aqidah Akhlak, dan Kejenuhan Belajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 02 Feb 2022 08:34
Perubahan Terakhir: 02 Feb 2022 08:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8108

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.