Nurulita, Mayang Suci (2022) Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MA Al-Hidayah Ciomas Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Mayang Suci Nurulita, 171250046. Judul Skripsi: Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MA Al-Hidayah Ciomas Serang Banten. Penelitian ini dilatar belakangi oleh terciptanya lingkungan sekolah yang bekualitas maka akan menghasilkan peserta didik yang berkarakter baik. Dengan pengelolaan sekolah yang optimal, maka siswa akan lebih nyaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana keadaan lingkungan sekolah di MA Al-Hidayah Ciomas Serang Banten, bagaimana pendidikan karakter di MA Al-Hidayah Ciomas Serang Banten, dan bagaimana lingkungan sekolah mempengaruhi pendidikan karakter siswa MA Al-Hidayah Ciomas Serang Banten. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui keadaan lingkungan sekolah di MA Al-Hidayah Ciomas serang Banten, untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter di MA Al- Hidayah Ciomas Serang Banten, dan untuk mengetahui bagaimana lingkungan sekolah mempengaruhi pendidikan karkter siswa di MA Al- Hidayah Ciomas Serang Banten. Penelitan dilakukan di MA Al-Hidayah Ciomas Serang Banten. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif analisis dengan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa MA Al-Hidayah Ciomas Serang Banten yang berjumlah 265 orang dan sampel dalam penelitian berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random samplingl. Instrumen penelitian menggunakan angka lingkungan sekolah dan penguatan pendidikan karakter siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat lingkungan sekolah adalah tinggi mencapai 72,64% tingkat penguatan pendidkan karakter siswa adalah tinggi mencapa 74,91% dan terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah dengan penguatan pendidikan karakter siswa. Hubungan lingkungan sekolah dengan penguatan pendidikan karakter siswa sebesar 17,78% .
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Lingkungan sekolah, Penguatan pendidikan karakter siswa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 27 Jan 2022 04:26 |
Perubahan Terakhir: | 27 Jan 2022 04:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8043 |
Actions (login required)
Lihat Item |