Fathurahman, M Ikhwal (2022) Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Studi di Pondok Pesantren Asy-Syifa Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
M Ikhwal Fathurahman. 142101857. Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Studi di Pondok Pesantren Asy-Syifa Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang. Metode sorogan dipandang sebagai metode yang sangat efektif, karena penerapan metode sorogan ini didasari dengan tujuan pokok yaitu ketepatan dan fasih dalam membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan metode sorogan, Untuk mengetahui kemampuan santri membaca Al- Qur’an, Untuk mengetahui penerapan metode sorogan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di pondok pesantren As-Syifa saruni Kabupaten Pandeglang. Pondok Pesantren Asy-Syifa adalah salah satu lembaga pendidikan islam yang memprioritaskan pembelajaran Al-Qur'an, dalam pembelajaran Al-Qur'an di Pondok Pesantren Asy-Syifa ini juga menggunakan metode sorogan guna untuk meningktakan kemampuan membaca Al-Qur'an. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti tentang “Penerapan Metode Sorogan Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Di Pondok Pesantren Asy-Syifa” dan manfaat dari penelitian ini adalah memberikan sumbangan bagi Perkembangan wawasan keilmuan khususnya dibidang metode sorogan pada kemampuan membava Al- Qur’an, serta diharapkan pula dapat diteruskan agar penelitian ini lebih akurat dan bisa menjadi masukan atau tambahan yang lebih mendalam untuk meneruskan penelitian terutama dalam belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.. Metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi dan interview. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dalam pembahasan skripsi ini dapat diketahui bahwa metode sorogan merupakan salah satu factor yang memegang peranan penting dalam rangka keberhasilan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an. Kesimpulan dari penelitian ini adalah “penerapan metode sorogan terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an di Pondok Pesantren Asy-Syifa sangat efektif”.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | metode, kemampuan dan membaca Al-Qur’an. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 18 Jan 2022 07:26 |
Perubahan Terakhir: | 18 Jan 2022 07:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7999 |
Actions (login required)
Lihat Item |