Efektivitas Program Salam, Sapa, Senyum, Sopan Dan Santun (5s) Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Terhadap Guru (Studi di MTs Raudlatul Muta'allimin Sidadung)

Uyun, Yayu Rohmatul (2022) Efektivitas Program Salam, Sapa, Senyum, Sopan Dan Santun (5s) Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Terhadap Guru (Studi di MTs Raudlatul Muta'allimin Sidadung). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (83kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
HLMN DEPAN B5 SKRIPSI OK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (423kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (355kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (636kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (251kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (362kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (224kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Yayu Rohmatul Uyun, NIM. 161210182. Judul Skripsi: Efektivitas Program Salam, Sapa, Senyum, Sopan Dan Santun (5s) Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Terhadap Guru (Studi di MTs Raudlatul Muta'allimin Sidadung). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas program salam, sapa, senyum, sopan dan santun (5S) dalam meningkatkan akhlak siswa terhadap guru. Meliputi: (1) kegiatan rutin (2) kegiatan spontan (3) kegiatan keteladanan (4) kegiatan terprogram. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, subjek Penelitian ini adalah kepala sekolah, guru (wakaur kesiswaan), dan peserta didik kelas IX B M.Ts Raudlatul Muta’allimin Sidadung. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian efektivitas program salam, sapa, senyum, sopan dan santun dalam meningkatkan akhlak siswa terhadap guru di M.Ts Raudlatul Muta’allimin Sidadung sangat efektif. Hal ini terlihat dari terlaksananya penerapan program salam, sapa senyum, sopan dan santun (5S) seperti: (1) kegiatan rutin: membaca do’a sebelum pembelajaran dimulai, membaca Al-Qur’an setelah membaca do’a, membaca asmaul husna setelah membaca Al-Qur’an (2) kegiatan spontan: mengucapkan salam ketika bertemu guru, bersalaman ketika bertemu guru (3) kegitan keteladanan: siswa dan siswi berpakaian sesuai dengan aturan sekolah, datang tepat waktu ke sekolah (4) kegiatan terprogram: siswa siswi mengikuti Kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), siswa ikut berpartisipasi dengan acara yang ada di sekolah. Faktor penghambat dari program salam, sapa, senyum, sopan dan santun (5S) adalah adanya peserta didik terkadang berperilaku tidak sopan, kemudian dari sarana dan prasarana di sekolah yang kurang memadai, dari gurunya sendiri. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi faktor penghambat dari program 5S adalah dengan cara menegur, memberi sanksi, menasehati, dan selalu mengingatkan siswa dan siswi M.Ts Raudlatul Muta’allimin Sidadung.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Efektivitas Program Salam, Sapa, Senyum, Sopan Dan Santun (5s), akhlak sisw
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 12 Jan 2022 02:58
Perubahan Terakhir: 29 Jul 2022 03:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7937

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.