Destiarani, Siti Afifah (2022) Penerapan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mengatasi Kecemasan Santri Akhir dalam Menghadapi Ujian Praktik Mengajar (Studi di Pondok Pesantren Modern Daarul Muttaqien Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (COVER)
1.COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (108kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
2.lampiran depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (305kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (292kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (266kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB 3.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (199kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB 4.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (295kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (80kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pesantren Modern Daarul Muttaqien berdiri pada tanggal 23 Juli 1989 M. Para santri juga menjalankan ujian sebagai bentuk uji kompetensi. Santri akhir adalah mereka yang sudah berada di kelas akhir sekolah menengah atas. Selain itu, mereka juga akan dihadapkan dengan berbagai ujian untuk memenuhi syarat kelulusan salah satunya ujian praktik mengajar. Ujian praktik mengajar adalah ujian di mana para santri akhir harus mengajar satu mata pelajaran menggantikan guru sebenarnya dengan waktu kurang lebih 40 menit di kelas yang sudah ditentukan dengan menggunakan Bahasa Arab ataupun Bahasa Inggris. Bedasarkan uraian di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana kecemasan santri akhir dalam menghadapi ujian praktik mengajar ? 2). Bagaimana penerapan REBT terhadap kecemasan santri akhir dalam menghadapi ujian praktik mengajar ? 3). Bagaimana hasil penerapan REBT terhadap kecemasan santri akhir dalam menghadapi ujian praktik mengajar ? Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui kecemasan santri akhir dalam menghadapi ujian praktik mengajar. 2). Untuk mengetahui penerapan REBT terhadap kecemasan santri akhir dalam menghadapi ujian praktik mengajar. 3). Untuk mengetahui hasil penerapan REBT terhadap kecemasan santri akhir dalam menghadapi ujian praktik mengajar. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menguraikan, mengembangkan suatu masalah berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian : 1). Kecemasan santri akhir adalah sebagai berikut : tidak percaya diri, gelisah, takut saat menghadapi praktik ujian mengajar 2). Penerapan teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) pada santri akhir menggunakan beberapa tahap yaitu pemberian penanganan mengenai metode A-B-C. 3). Hasil dari penerapan teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) pada santri akhir adalah kini mereka mampu berpikir rasional dan lebih percaya diri dengan melakukan apa yang disarankan peneliti saat tindakan konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT).
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 12 Jan 2022 02:30 |
Perubahan Terakhir: | 17 Apr 2024 07:45 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7924 |
Actions (login required)
Lihat Item |