Ernawati, Tri (2021) Pengaruh Pertumbuhan Biaya Promosi dan Tingkat Margin Terhadap Pertumbuhan Pembiayaan Murabahah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Periode 2017-2020. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Tri Ernawati, NIM: 171420069, Judul Skripsi: Pengaruh Pertumbuhan Biaya Promosi dan Tingkat Margin Terhadap Pertumbuhan Pembiayaan Murabahah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Periode 2017-2020. Penelitian ini dilakukan di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah untuk mengetahui apakah variabel pertumbuhan biaya promosi dan tingkat margin berpengaruh positif terhadap pertumbuhan pembiayaan murabahah. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pengaruh pertumbuhan biaya promosi terhadap pertumbuhan pembiayaan murabahah 2) Bagaimana pengaruh tingkat margin terhadap pertumbuhan pembiayaan murabahah 3) Bagaimana pengaruh pertumbuhan biaya promosi dan tingkat margin secara simultan terhadap pertumbuhan pembiayaan murabahah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk menelaah pengaruh pertumbuhan biaya promosi terhadap pertumbuhan pembiayaan murabahah. 2) Untuk menelaah pengaruh tingkat margin terhadap pertumbuhan pembiayaan murabahah. 3) Untuk menelaah pengaruh pertumbuhan biaya promosi dan tingkat margin secara simultan terhadap pertumbuhan pembiayaan murabahah. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari website resmi www.ojk.go.id dengan periode 2017-2020 dengan bantuan program aplikasi SPSS 16.0. Kesimpulannya pengujian hipotesis variabel pertumbuhan biaya promosi diketahui nilai Thitung < Ttabel (1.593 < 2.028) dengan nilai signifikansi lebih besar dari 5% (0.120 > 0.05) yang artinya pertumbuhan biaya promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan pembiayaan murabahah. Variabel tingkat margin diketahui nilai Thitung< Ttabel (-3.429 < 2.028) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 5% (0.002 < 0.05) yang artinya tingkat margin berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan pembiayaan murabahah. Variabel pertumbuhan biaya promosi (X1) dan tingkat margin (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan pembiayaan murabahah (Y) hal ini dapat dilihat dari Fhitung > Ftabel (7.551 > 3.25) dengan tingkat signifikan 0.002 < 0.05. Hasil analisis regresi linear berganda Y = 14.742 + 0.007X1i + (-0.759)X2i + e. Nilai koefisien korelasi sebesar 0.544 yang berarti hubungan variabel pertumbuhan biaya promosi dan tingkat margin terhadap pertumbuhan pembiayaan murabahah adalah sedang. Nilai koefisien determinasi sebesar 25.6% hal ini berarti pertumbuhan pembiayaan murabahah (Y) dipengaruhi oleh kedua variabel independen pertumbuhan biaya promosi (X1) dan tingkat margin (X2), sedangkan sisanya 74.4% dipengaruhi oleh faktor yang lain diluar penelitian.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pertumbuhan Biaya Promosi, Tingkat Margin, Pertumbuhan Pembiayaan Murabahah |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 13 Des 2021 02:01 |
Perubahan Terakhir: | 13 Des 2021 02:01 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7753 |
Actions (login required)
Lihat Item |