Jannah, Iis Ismayatul (2021) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembiayaan Terhadap Loyalitas Usaha Mikro Kecil Menengah Binaan Pada Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus: BMT Arta Bina Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Iis Ismayatul Jannah, NIM 171420163, Judul Skripsi: Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembiayaan Terhadap Loyalitas Usaha Mikro Kecil Menengah Binaan Pada Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus: BMT Arta Bina Kota Serang). Lembaga keuangan memiliki peranan yang sangat penting, hampir semua kegiatan ekonomi tak terhindar dari lembaga keuangan, untuk kemajuan suatu lembaga keuangan maka perlu mencermati permintaan nasabah dalam suatu produk atau jasa yang ditawarkan, salah satunya yaitu meningkatkan kualitas pelayanan, seperti dari tempat, karyawan, peralatan, serta komunikasi. BMT Arta Bina memberi pelayanan yang maksimal guna mempertahankan loyalitas nasabah, hal tersebut dapat tercermin dari kebiasaan nasabah dalam melakukan pembelian produk atau jasa secara konsisten. Lembaga yang dikelola dengan professional akan memberikan pelayanan yang memuaskan dan menumbuhkan keloyalitasan masyarakat. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah: apakah kualitas pelayanan pembiayaan berpengaruh terhadap loyalitas UMKM binaan pada BMT Arta Bina? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan pembiayaan berpengaruh terhadap loyalitas UMKM binaan pada BMT Arta Bina. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 orang yang menjadi nasabah pembiayaan. Dan analisis data yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, linearitas dan heteroskedastisitas), uji regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji t, koefisien determinasi). Dari hasil pengolahan data penelitian yang diperoleh dari regresi liniear sederhana Y = 6,864 + 0,139X dan besarnya pengaruh kualitas pelayanan pembiayaan terhadap loyalitas UMKM binaan BMT Arta Bina sebesar 9,4% sedangkan sisanya sebesar 90,6% dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti. Berdasarkan uji t yang menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah 2,542 sedangkan t tabel adalah 1,998 (t hitung > t tabel), artinya bahwa kualitas pelayanan pembiayaan berpengaruh terhadap loyalitas UMKM binaan BMT Arta Bina Kota Serang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kualitas Pelayanan, Loyalitas UMKM, LKS. |
Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 29 Nov 2021 08:44 |
Perubahan Terakhir: | 29 Nov 2021 08:44 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7679 |
Actions (login required)
Lihat Item |