Manajemen Stres Menurut Pandangan Islam Dalam Membentuk Guru Yang Profesional di Masa Pandemi Covid-19

Jumaela, Ayu (2021) Manajemen Stres Menurut Pandangan Islam Dalam Membentuk Guru Yang Profesional di Masa Pandemi Covid-19. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (95kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bagian depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (331kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (212kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bab 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (436kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bab 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (206kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bab 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (509kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bab 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (246kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ayu Jumaela. NIM.161210097. Judul Skripsi Manajemen Stres Menurut Pandangan Islam Dalam Membentuk Guru Yang Profesional di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka) Latar belakang dari penelitian ini yaitu dampak pandemi Covid- 19 dalam dunia pendidikan mengharuskan guru melaksanakan pembelajaran melalui metode daring (dalam jaringan) di mana guru sebagai tenaga profesional harus mampu menguasai sistem pembelajaran online. Namun kenyataannya banyak guru merasa stres karena kegiatan pembelajaran yang tidak biasa dilakukannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana cara memanajemen stres sesuai dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 dan bagaimana manajemen stres menurut pandangan Islam dalam membentuk guru yang profesional di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengelola stres di masa pandemi Covid-19 dan bagaimana manajemen stres menurut pandangan Islam dalam membentuk guru yang profesional. karena banyak guru merasa stres dengan kegiatan pembelajaran secara online yang tidak biasa dilakukannya. Dan manfaat penelitian ini adalah memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai manajemen stres menurut pandangan Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library research). Tekhnik analisis data yang dipakai adalah menggunakan pola analisis isi (content analysis). Penelitian ini berlandaskan teori yang kemukakan oleh Qomary Anwar pada bukunya yang berjudul manajemen stres menurut pandangan Islam dan dikuatkan dengan beberapa teori yang ditulis oleh para ahli. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa dalam mengelola stres menurut pandangan Islam adalah dengan memperbaiki hubungan dengan Tuhan di samping menjaga hubungan baik sesama manusia. Butir penting agar stres dapat dikendalikan adalah iman kepada Allah, niat yang ikhlas, meresapi doa dan dzikir, tawakal, qanaah, sabar, serta selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan. Simpulan dari penelitian ini adalah memanajemen stres ketika pandemi Covid-19 dapat dilakukan dengan tetap tenang agar kondisi fisik dan imunitas terjaga, memeberikan pengetahuan positif kepada diri sendiri serta orang lain untuk memperkuat kondisi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Manajemen Stres; Pandangan Islam, Guru Profesional, Masa Pandemi Covid-19
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Nov 2021 00:53
Perubahan Terakhir: 29 Nov 2021 00:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7678

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.