Hanita, Hanita (2021) Upaya Pengenalan Hadits Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Gerakan Tangan Di Raudhathul Athfal (RA) Ar-Rohmah. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
1 coverr.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (22kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI)
2 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (436kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
bab 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (368kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
bab 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (514kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
bab 3.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (447kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB 4.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (455kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB 5.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (224kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Hanita 161260023. 2021. Upaya Pengenalan Hadits Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Gerakan Tangan Di Raudhathul Athfal (RA) Ar-Rohmah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya pengenalan hadits pada anak usia 5-6 tahun melalui metode gerakan tangan, dan mengetahui kendala serta solusi dalam upaya pengenalan hadits melalui metode gerakan tangan di kelompok B RA Ar-Rohmah Sempu Serang. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Ar-Rohmah Sempu yang berjumlah 7 anak. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat. Dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil pembahasan langkah awal dalam upaya pengenalan hadits, pertama guru memperkenalkan hadits yang akan diajarkan, kedua guru menjelaskan isi hadits tersebut, ketiga guru meberikan contoh gerakan tangan hadits sebanyak dua kali, keempat anak didik mengikuti apa yang dicontohkan, dan kelima pada akhir pembelajaran guru mengulangi lagi untuk mengingatkan anak didik tentang hadits yang sudah dipelajari pada hari itu. Pemahaman anak terhadap pengenalan hadits meningkat hal ini terlihat pada siklus I mencapai 66,07% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan pada siklus II naik menjadi 86,16% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB), berarti metode gerakan ini dapat meningkatkan pengenalan hadits pada anak dalam belajar. Dalam pengenalan hadits ini pasti terdapat kendala, salah satunya kondisi anak berbeda-beda. Solusinya peneliti melakukan trik-trik sepeti merayu, mendekati, berkomunikasi, memberikan hadiah agar anak tenang dan kembali bersemangat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Upaya Pengenalan, Hadits, Metode Gerakan Tangan |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 12 Nov 2021 07:06 |
Perubahan Terakhir: | 12 Nov 2021 07:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7495 |
Actions (login required)
Lihat Item |